Aksi Mimbar Bebas: Primadona Teriris, Petani Riau Menangis

[BEM UNRI | PRESS RELEASE]

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Salam Perjuangan
Hidup Mahasiswa!

[Aksi Mimbar Bebas: Primadona Teriris, Petani Riau Menangis]

Pekanbaru (02/12/2018) — Kementerian Sosial dan Politik BEM Universitas Riau bersama dengan mahasiswa/i Universitas Riau melakukan aksi mimbar bebas terkait harga sawit yang kian merosot hingga berpengaruh terhadap kesejahteraan petani.

Tepat pukul 16.40 WIB, Gusti Rahib selaku Pjs. Menteri Sosial dan PolitikBEM UNRI membuka aksi mimbar bebas tersebut. “Aksi ini merupakan bentuk keberpihakan kami kepada petani, dan bentuk keprihatinan kami terhadap rezim ini. Seharusnya pemerintah memberikan perhatian dan perlindungan terhadap komoditas sawit yang telah berjasa besar terhadap perekonomian negara”, tutur Gusti.

Diteruskan dengan orasi oleh Kepala Dinas Advokasi Sosial dan PolitikBEM Fakultas Pertanian UNRI, Ichwan Abdul Ghovar, “Kondisi petani benar benar memprihatinkan, harga jual sawit tak lebih besar dari biaya pengelolaan TBS yang dikeluarkan”.

Ditampilkan juga aksi teatrikal oleh BEM Fakultas Pertanian melalui beberapa mahasiswa yang berlakon sebagai petani, pemerintah, serta mafia dilingkungan komoditas sawit. Tersengal sengal kehidupan petani, mengeluh kepada pemerintah namun tak diperdulikan, belum lagi mafia-mafia yang menggerus keberlangsungan kehidupan petani.

Mimbar terus berlanjut dengan orasi oleh Gubernur Mahasiswa BEMFakultas Pertanian, Syahabudin Ahmad, “Janji Jokowi soal kesejahteraan petani adalah omong kosong. Solusi pemerintah pusat maupun daerah sungguh aneh, pembukaan pabrik baru hanya akan menambah rumit persoalan yang ada, bahkan itu merupakan upaya mematikan petani sawit secara perlahan. Pemerintah harus tegas terhadap deforestasi ilegal, mempermudah ekspor, dan yang tak kalah penting tunaikan reforma agraria sejati!”.

Aksi yang dibersamai juga oleh hujan yang cukup deras tersebut, diusaikan sampai dengan pukul 17.45 WIB. (GR)

Kabinet Harmoni Perubahan
BEM UNRI 2018/2019

#KamiBersamaPetani
#KEMENSOSPOL2018_2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *