Kunjungan Kemenhadkesma dan Kemenlindup Universitas Riau Terkait Penutupan Gerbang dan Penggundulan Hutan di Kawasan Universitas Riau

[BEM UNRI | PRESS RELEASE]

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Salam Perjuangan.
Hidup Mahasiswa!

[Kunjungan Kemenhadkesma dan Kemenlindup Universitas Riau Terkait Penutupan Gerbang dan Penggundulan Hutan di Kawasan Universitas Riau]

Pekanbaru (25/08/2018) — Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Riau melalui Kementerian Hukum dan Kesejahteraan Mahasiswa dan Kementerian Lingkungan Hidup dalam kunjungannya kali ini turut dihadiri oleh Wakil Rektor 2 Universitas Riau yakni Bapak Sujianto serta dihadiri oleh Popo Haryanto selaku Menteri Hukum dan Advokasi Kesejahteraan Mahasiswa dan Aulia Putra selaku Menteri Lingkungan Hidup Universitas Riau.

Dalam kesempatannya Popo Haryanto menanyakan tentang penutupan gerbang di Universitas Riau beberapa waktu yang lalu. Banyak keluhan yang disampaikan oleh mahasiswa terkait penutupan gerbang utama dan penutupan gerbang FKIP dan FEB pada hari Sabtu dan Minggu.

“Banyak aspirasi yang disampaikan kepada kami untuk meminta pihak Universitas membuka gerbang utama dan pembukaan gerbang pada hari Sabtu dan Minggu, mahasiswa merasa keberatan dengan penutupan ini karena harus jauh memutar ke Gerbang Soebrantas.” ujarnya.

Dalam kesempatannya Bapak Sujianto menyampaikan bahwa sepakat dengan yang disampaikan oleh Popo dan akan membuka seluruh gerbang di Universitas Riau untuk dibuka kembali, beliau juga mengatakan terhitung sejak Senin (24/09) gerbang yang ada sudah dapat digunakan oleh seluruh pihak, baik seluruh Civitas Akademika Universitas Riau dan seluruh masyarakat. “Seluruh gerbang yang ada di Universitas Riau sudah dibuka dan dapat digunakan untuk seluruh Citivitas Akademika Universitas Riau dan seluruh masyarakat.” ujar Bapak Sujianto.

Disini juga telah dikonfirmasi bahwasannya seluruh gerbang akan tetap dibuka meskipun hari libur, Sabtu dan Minggu. Pembukaan gerbang ini untuk melayani seluruh mahasiswa, dosen, pegawai dan masyarakat umum agar bisa masuk dan beraktifitas di lingkungan Universitas Riau yang merupakan jantung hati masyarakat Riau.

Selanjutnya Aulia Putra menanyakan tentang penggundulan dan penebangan pohon di kawasan hutan depan hotel Mona. Dalam hal ini Aulia menyayangkan penebangan pohon-pohon yang ada di Universitas Riau.

Setelah menanyakan beberapa keresahan mahasiswa terkait penebangan ini Bapak Sujianto menyampaikan bahwa ini dilakukan untuk pengembangan kampus Universitas Riau. Pohon-pohon yang sengaja ditebang untuk pembersihan lahan. Adapun hasil dari kunjungan Kemenlindup Universitas Riau kali ini adalah :

  1.  Untuk saat ini tempat itu akan dijadikan taman dengan desain UNRI Green Campus dengan konsep kampus dalam taman seperti konsep taman lainnya di kampus Universitas Riau.
  2. Pengerjaan sampai sekarang pembersihan yang dilakukan ialah pohon akasia, pohon mati dan semak yang bersifat menghalangi di dalam taman.
  3. Perencanaan kedepan akan dibangun Kompleks Ilmu Kesehatan Universitas Riau. Namun saat ini perencanaan ini belum diketahui kapan akan mulai dibangun, dikarenakan belum ada anggaran untuk pembangunan Kompleks Ilmu Kesehatan.
  4. Pembersihan di sekitaran hutan untuk mengantisipasi bahwa adanya kasus sengketa lahan di Universitas Riau karena di anggap sebagai lahan mati.

Setelah kunjungan, Aulia dan Popo langsung melakukan survei di lapangan. Sesampai di lapangan, terlihat ada banyak pohon akasia yang ditumbang sehingga tutupan lahan menjadi berkurang. Kami melihat memang di hutan tersebut tumbuhan paling dominan adalah akasia. Disitu kami juga melihat ada beberapa tumbuhan berkayu selain akasia yang ditebang.

Kita tunggu saja komitmen dari Universitas Riau dalam setiap perencanaan yang telah dilakukan di hutan tersebut. Kami menghimbau kepada seluruh mahasiswa untuk selalu mengawal setiap langkah kegiatan dalam pembuatan taman. Seharusnya dengan konsep UNRI Green Campus Rektorat harus memperhatikan semua aspek lingkungan dengan tidak menebang pohon akasia seluruhnya agar tutupan hutan tetap terjaga di lokasi tersebut. (PS/APD)

Kabinet Harmoni Perubahan
BEM UNRI 2018_2019

#KEMENHADKESMA
#KEMENLINDUP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *