Perkaya Khazanah Melayu, Kemendikbud Lakukan Kunjungan ke Lembaga Adat Melayu Riau

[BEM UNRI | PRESS RELEASE]

Assalamua’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.
Salam perjuangan.
Hidup Mahasiswa!

[Perkaya Khazanah Melayu, Kemendikbud Lakukan Kunjungan ke Lembaga Adat Melayu Riau]

Pekanbaru (02/11/2018) — Sebagai kelompok masyarakat yang mengatasnamakan mahasiswa, sudah seharusnya mereka turut berperan dalam melestarikan keanekaragaman budaya di Indonesia. Perlu adanya suatu tindakan nyata agar kebudayaan itu tetap eksis di zaman-zaman yang akan datang. Berlandaskan hal inilah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Riau Kabinet Harmoni Perubahan laksanakan kunjungan kerja ke Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau pada Rabu (31/10) lalu. Kunjungan yang turut membawa serta pengurus BEM UNRI lainnya ini disambut hangat oleh pihak LAM Riau setiba di Gedung LAM Riau yang beralamat di Jalan Diponegoro No.39 Pekanbaru.

Selain dari pengurus BEM UNRI, turut pula hadir DPH LAM RIAU yaitu Hj. Nuraini, Hj. T. Ralinmah, Endrawati, Alzuhra, Junaidi dan Sekretaris Umum DPH M. Nasir.

Kunjungan ini dipimpin oleh Ari Narwan yang merupakan Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam diskusi yang dilaksanakan, Ari menanyakan terkait cara yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan serta memelihara budaya melayu. “Untuk melestarikan adat melayu dapat dilakukan dengan berbagai cara serta metode. Di bidang pendidikan misalnya, dapat ditambahkan dalam kurikulum seperti muatan lokal budaya melayu, namun justru kurikulum saat ini menghilangkan mata pelajaran budaya melayu tersebut. Kemudian di bidang pemerintahan dapat dilakukan dengan program penggunaan berbahasa melayu ataupun penggunaan baju melayu. Cara ini juga sepertinya telah mulai dilakukan dikalangan mahasiswa”, ujar Nuraini.

Dalam diskusi yang berlangsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan BEM UNRI menyampaikan beberapa program kerja yang turut bekerja sama dengan Lembaga Adat Melayu Riau. Program kerja ini seperti Kajian Kebudayaan serta seminar yang sebelumnya dilakukan penandatanganan MoU antara BEM UNRI dan LAM Riau. (MS/UM)


Kabinet Harmoni Perubahan
BEM UNRI 2018_2019

#KEMENDIKBUD2018_2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *