Apa Kabar Migas Kita?

[BEM UNRI | MAJELIS REBOAN]

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Salam Perjuangan
Hidup Mahasiswa!

[Apa Kabar Migas Kita?]

Indonesia merupakan negara dengan kekayaan energi yang besar, khususnya kekayaan minyak dan gas. Dalam laporan McKinsey menyebutkan Indonesia memiliki cadangan 22 miliar barel konvensional, dengan 4 miliar barel yang terbukti. Hal tersebut setara dengan 10 tahun produksi minyak dan 50 tahun produksi gas. Belum lagi sumber daya lain seperti batubara, coal base metane, dan lain sebagainya. Potensi energi Indonesia tidak hanya cukup besar namun juga merupakan negara dengan differensiasi energi yang terlengkap di dunia. Namun sayang besarnya potensi kekayaan migas Indonesia tidak berbanding lurus dengan kemampuan perdagangan internasional. Produksi migas yang terus menurun ditambah permintaan dalam negeri yang semakin meningkat mengakibatkan migas tidak lagi dapat menjadi penopang neraca perdagangan Indonesia

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatatkan defisit neraca perdagangan sebesar 1,02 miliar dollar AS pada Agustus 2018. Defisit tersebut disumbang sebagian besar disebabkan oleh sektor migas sebesar 1,6 miliar dollar AS. Adapun sektor non-migas mengalami surplus sebesar 639 miliar dollar AS. Kondisi ini menunjukkan tidak ada kemajuan dalam kinerja produksi migas dan perdagangan migas.

Kemudian ketika Mahasiswa Universitas Riau bicara soal migas rasanya tak lengkap kalau tak bicara juga soal Blok Rokan, yakni penghasil minyak terbesar di Indonesia dan berada di Riau yang kini sudah ditangan ibu pertiwi (read: Pertamina) akibat ikhtiar kolektif mahasiswa dan berbagai elemen masyarakat.

Dengan tidak dikelolanya lagi Blok Rokan oleh Chevron merupakan buah manis bagi pemerintah dan pertamina. Lalu, bagaimana nasib Riau sebagai provinsi dimana Blok Rokan tersebut terletak?

Temukan jawaban seakuratnya melalui Majelis Reboan yang ditaja oleh BEM UNRI melalui Kementerian Sosial dan Politik pada :

Hari/Tanggal : Rabu, 03 Oktober 2018
Pukul : 16.00 WIB
Tempat : Sekre Juang BEM UNRI
Pemateri : Dr. Idral Amri (Pengamat Energi Riau)

Kami mengajak seluruh mahasiswa untuk terlibat dalam perjuangan ini. Sudah saatnya Riau mendapatkan haknya secara proporsional, adil, dan pantas!

Kabinet Harmoni Perubahan
BEM UNRI 2018/2019

#KEMENSOSPOL2018_2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *