Hari Batik Nasional

[BEM UNRI | INFO]

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Salam Perjuangan.
Hidup Mahasiswa!

[Hari Batik Nasional]

Tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO menetapkan batik sebagai warisan budaya yang harus dilestarikan. Sejak saat itu, setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Bagaimanakah sejarah perkembangan batik di Indonesia? Yuk, kita cari tahu bagaimana sejarah dari warisan budaya kita ini!

Kata batik berasal dari bahasa Jawa, yaitu “Amba” dan “Nitik”. Tahukah kalian, awalnya batik hanya dituliskan di atas daun lontar dan papan rumah adat Jawa. Kegiatan ini digunakan untuk mengisi waktu luang saja. Motif yang digunakan juga sangat sederhana, antara lain tumbuhan dan binatang. Namun pada masa Kerajaan Majapahit di abad ke- 17, kesenian ini mulai dikenal. Batik mulai dituliskan di atas kain dan dibuat pakaian secara tradisional menggunakan canting dan lilin. Namun di era modernisasi ini, batik mulai di produksi secara masal menggunakan mesin dan di distribusikan ke tingkat nasional maupun internasional.

Sebagai warisan bangsa yang telah mendunia, selayaknya kita patut bangga memakai batik sekaligus sebagai salah satu upaya dalam melestarikan warisan asli Indonesia.

Selamat Hari Batik Nasional!

Kabinet Harmoni Perubahan
BEM UNRI 2018_2019

#KEMENDIKBUD2018_2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *