Hari Kesehatan Nasional

[BEM UNRI | INFO]

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Salam Perjuangan.
Hidup Mahasiswa!

[Hari Kesehatan Nasional]

Tanggal 12 November setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional (HKN). Sejarah lahirnya Hari Kesehatan Nasional (HKN) berawal dari upaya pemberantasan penyakit Malaria yang terjadi di Indonesia. Pada era 50-an, penyakit Malaria mewabah di Indonesia. Penyakit ini menjangkit hampir semua masyarakat. Bahkan terdapat ratusan ribu jiwa yang tewas akibat wabah Malaria tersebut. Oleh sebab itu dibentuklah Dinas Pembasmian Malaria pada tahun 1959 dan Presiden Soekarno yang menjabat sebagai Presiden RI kala itu, melakukan penyemprotan pertama secara simbolis pada tanggal 12 November 1959.

Usai penyemprotan secara simbolis dilakukan, diberikan penyuluhan dengan tujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat akan bahaya penyakit Malaria agar mereka lebih waspada terhadapnya. Sehingga setiap tanggal 12 November ditetapkan sebagai Hari Kesehatan Nasional (HKN). Hari Kesehatan Nasional (HKN) terus diperingati setiap tahunnya dengan tujuan memberikan pendidikan dan penyuluhan kesehatan untuk masyarakat Indonesia, meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia sekaligus pemahaman akan pentingnya hidup sehat.

Oleh karena itu diharapkan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk mengingat Hari Kesehatan Nasional (HKN) sebagai momentum untuk mengubah upaya kesehatan bersifat kuratif menjadi promotif dan preventif. Mengubah gaya hidup menjadi hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri dengan meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan yang berupaya meningkatkan kualitas hidup.

Ayo Hidup Sehat Mulai Dari Kita!

Kabinet Harmoni Perubahan
BEM UNRI 2018_2019

#KEMENSOSMAS2018_2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *