HUT KOTA PEKANBARU KE-234

[BEM UNIVERSITAS RIAU | INFO]

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Salam Perjuangan.
Hidup Mahasiswa!

[HUT KOTA PEKANBARU KE-234]

Kota Pekanbaru adalah ibu kota dan kota terbesar di Provinsi Riau, Indonesia. Kota ini merupakan salah satu sentra ekonomi terbesar di bagian timur Pulau Sumatera, dan termasuk sebagai kota dengan tingkat pertumbuhan, migrasi dan urbanisasi yang tinggi. Kota ini berawal dari sebuah pasar (pekan) yang didirikan oleh para pedagang Minangkabau di tepi Sungai Siak pada abad ke-18. Hari jadi kota ini ditetapkan pada tanggal 23 Juni 1784. Kota Pekanbaru tumbuh pesat dengan berkembangnya industri terutama yang berkaitan dengan minyak bumi, serta pelaksanaan otonomi daerah.

Pekanbaru mempunyai satu bandar udara internasional, yaitu Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II dan terminal bus antar kota dan antar provinsi Bandar Raya Payung Sekaki, serta dua pelabuhan di Sungai Siak, yaitu Pelita Pantai dan Sungai Duku. Saat ini Kota Pekanbaru sedang berkembang pesat menjadi kota dagang yang multi-etnik, keberagaman ini telah menjadi modal sosial dalam mencapai kepentingan bersama untuk dimanfaatkan bagi kesejahteraan masyarakatnya.

Logo HUT Kota Pekanbaru yang ke-234 tahun berupa ikon tanjak dan tiga daun sirih, divariasikan dengan warna hijau dan biru. Logo tersebut terlihat sangat menarik dan mempesona. Logo tanjak dan daun sirih yang digunakan Pemko Pekanbaru di HUT Kota Pekanbaru ke 234 tahun, sangat mencerminkan masyarakat melayu.

Tanjak memiliki simbol marwah bagi masyarakat melayu yang menjadikan identitas dan jatidiri. Selain itu, makna dari tiga daun sirih itu tentunya memberikan kehormatan bagi tamu karena masyarakat akan sangat welcome menyambut wisatawan untuk datang ke Riau, khususnya Kota Pekanbaru.

#HUTPEKANBARU234
#BEMUNRIINFO
#BEMUNRI2018_2019

——————————
RANDI ANDIYANA
Presiden Mahasiswa UNRI
DEDY PRIANTO
Wakil Presiden Mahasiswa UNRI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *