Peringatan Hari Pahlawan

[BEM UNRI | INFO]

Assalamua’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.
Salam perjuangan.
Hidup Mahasiswa!

[Peringatan Hari Pahlawan]

 

73 tahun silam, terjadi perang girilya yang menggempur Kota Surabaya. Mengingat umur Indonesia yang pada saat itu masih seumur jagung, banyak negara asing yang ingin menjajah kembali bumi pertiwi kita. Peperangan ini merupakan salah satu perang terbesar yang terjadi setelah Indonesia memproklamirkan kemerdekaan. Pihak sekutu kembali menginjakkan kakinya di Surabaya pada Oktober 1945 dan disambut perlawanan oleh rakyat Surabaya sehingga menewaskan Jendral AWS Mallaby dan menimbulkan kemarahan dari pihak sekutu. Setelah peristiwa itu pihak Inggris mengultimatum rakyat Surabaya untuk menyerahkan berbagai senjata sebelum pukul 06.00 pagi pada 10 November 1945.

Ultimatum itu tak diperhatikan. Rakyat Surabaya melawan, hingga terjadilah pertempuran dahsyat. Sampai sekarang, pertempuran tersebut dikenal dengan Peristiwa 10 November dan diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Dengan adanya peringatan Hari Pahlawan ini, semoga semangat perjuangan para pendiri bangsa terus hidup dan berkobar di benak segenap rakyat Indonesia.

Kabinet Harmoni Perubahan
BEM UNRI 2018_2019

#KEMENKOMINFO2018_2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *