Peringatan Hari Perserikatan Bangsa-Bangsa

[BEM UNRI | INFO]

Assalamua’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.
Salam perjuangan.
Hidup Mahasiswa!

[Peringatan Hari Perserikatan Bangsa-Bangsa]

Tanggal 24 Oktober diperingati sebagai Hari Perserikatan Bangsa-Bangsa atau yang lebih dikenal dengan sebutan PBB. Untuk mengetahui kisah dibalik terbentuknya organisasi multinasional ini, berikut dipaparkan sejarah singkatnya.

PBB merupakan organisasi internasional yang bergerak untuk mendorong terjadinya kerjasama internasional dibidang hukum internasional, pengamanan, ekonomi, perlindungan sosial, pendidikan, kebudayaan, kesehatan, telekomunikasi, serta perlindungan anak.

Organisasi yang beranggotakan 193 negara ini memiliki tujuan yang secara garis besar memiliki kesamaan dengan Liga Bangsa Bangsa yang telah berdiri lebih dahulu yakni untuk mencegah konflik dan terjadinya peperangan. Namun, LBB gagal dalam melaksanakan perannya karena pada masa itu terjadiPerang Dunia ke II. Perang Dunia II ini memunculkan keresahan dari berbagai negara di dunia. Oleh sebab itu, Presiden Amerika Serikat, Franklin Delano Roosevelt dan Perdana Menteri Inggris, Wiston Churchiil menggagas pertemuan yang menghasilkan sebuah kesepakatan yang disebut Piagam Atlantik yang menjadi asal-muasal tercetusnya PBB.

Dengan adanya peringatan Hari PBB ini, diharapkan dapat mengingatkan kembali maksud dan tujuan pembentukannya serta mengukur tingkat pencapaian organisasi ini kepada masyarakat global.

Kabinet Harmoni Perubahan
BEM UNRI 2018_2019

#KEMENKOMINFO2018_2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *