Peringatan Hari Tani Nasional

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Salam Perjuangan.
Hidup Mahasiswa!

[Peringatan Hari Tani Nasional]

Hari Tani Nasional yang jatuh pada tanggal 24 September didasari oleh ditetapkannya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria (UUPA 1960) oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. Soekarno yang mengatur tentang hak-hak dan kewajiban kaum tani, mengatur hak atas tanah, hak atas sumber-sumber agraria untuk dikelola dan dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran petani dan bangsa pada tanggal 24 September 1960.

Namun, sangat disayangkan kesejahteraan petani kurang diperhatikan. Dikutip dari Rmol.co, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) pada 2014, terdapat lebih dari 50 juta orang yang bekerja di sektor pertanian atau setara dengan 34 persen dari keseluruhan jumlah pekerja di Indonesia. Namun sebagian besar dari mereka justru hidup di bawah garis kemiskinan.

Indonesia sebagai negara agraris tentunya sangat bergantung pada sektor pertanian. Petani menempati posisi yang sangat penting dan mulia karena bertanggung jawab sebagai penopang sektor pangan untuk keluarganya serta seluruh penduduk Indonesia.

Oleh sebab itu, sudah seharusnya kita berterima kasih kepada petani di seluruh Indonesia.

Selamat Hari Tani Nasional 2018! Semoga nasib petani di Nusantara kian membaik.

#KEMENKOMINFO2018_2019
#BEMUNRI2018_2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *