Rabu Sehat dengan Food Combining

[BEM UNRI | RABU SEHAT]

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Salam Perjuangan.
Hidup Mahasiswa!

[Rabu Sehat dengan Food Combining]

Hai Mahasiswa Universitas Riau!
Badan Eksekutif Mahasiswa melalui Kementerian Sosial dan Masyarakat melaunching Rabu Sehat!
Sesuai dengan namanya, setiap hari Rabu Kemensosmas akan memberikan informasi seputar kesehatan melalui sosial media BEM UNRI. Sesibuk apapun kita, kesehatan tetap yang utama. Mari kita terapkan hidup sehat.

🔎Tahukah kamu?
Untuk memperoleh tubuh sehat dan langsing, setiap orang pasti menginginkan tubuh yang ideal. Bukan hanya memenuhi standar gizi dan kesehatan saja, tetapi asupan gizi kita pun tidak boleh salah. Kita tahu bahwa usus dan pencernaan tidak bisa mencerna semua makanan dalam satu waktu, sehingga hadirlah Food Combining untuk memberikan kita solusi.

Nah, dengan melakukan pola makan dan diet sesuai aturan Food Combining, membuat kita mendapatkan tubuh langsing yang ideal. Terkadang banyak prasangka memiliki tubuh langsing atau ideal itu sulit, namun dengan adanya Food Combining ini orang-orang akan memilih diet dengan cara ini. Untuk itu simak ulasan berikut ini.

▶Apa itu Food Combining?
Food Combining merupakan pola makan yang di dalamnya terdapat kombinasi berbagai makanan dengan tujuan tercapainya homeostatis tubuh.

▶Bagaimana pola Food Combining agar asupan gizi terpenuhi setiap hari?
📌Setiap bangun tidur minumlah segelas air hangat dicampur dengan perasan lemon atau jeruk nipis (cukup 1/2 buah untuk 500ml atau segelas air). Tujuannya agar perasan itu berubah sifat menjadi basa dan mampu mengimbangi asamnya asam lambung. Selain itu, sifat perasan itu dapat mendetoks racun sehingga proses sistem tubuh akan menyisakan racun-racun. Ketika racun tersebut hilang, tingkat imunitas kita bakal meningkat. Perasan jeruk nipis itu sendiri mengandung mineral dan vitamin juga antioksidan.

📌Pukul 04.00 – 12.00
Sistem pencernaan sedang berada dalam fase pembuangan.
Maka pilihlah makanan dengan kalori cukup sekaligus mudah dicerna. Makanan yang paling memenuhi syarat yaitu buah-buahan.

📌Pukul 12.00 – 20.00
Sistem pencernaan sedang berada dalam fase penyerapan.
Prinsip dasar mengkombinasikan makanan dalam Food Combining:
1. Protein hewani (daging ayam/ikan/sapi/domba/kambing, telur, dll) jangan dicampur karbohidrat (nasi, kentang, jagung, ubi, dll)
2. Setiap makan harus disertai dengan jumlah sayuran yang dominan. Kalau bisa dalam keadaan segar tanpa diolah.
3. Protein nabati (tahu/tempe/jamur dll) boleh dicampur dengan karbohidrat atau protein hewani.

📌Pukul 20.00 – 04.00
Sistem pencernaan berada dalam fase pengolahan.
Setelah pukul 8 malam, jangan mengkonsumsi makanan berat apa pun lagi. Minum saja air putih atau kalau lapar boleh makan buah. Karena pada jam segini, sistem di dalam tubuh kita juga dalam kondisi dimana tubuh menyerap nutrisi yang diperlukan oleh tubuh itu sendiri.

Hidup sehat itu tidak perlu mahal. Cukup dengan tekad dan kemauan, kita pasti bisa memulainya dari sekarang. Ayo mulai ubah pola makan kita. A little change goes a long way, karena pentingnya sehat itu akan terasa ketika kita sedang sakit.

Narahubung :
Menteri Sosial Masyarakat
Faldhany Hidayat (0821-6967-6090)
Najla Nailufar (0812-6675-4050)
Dirjen Kesehatan Masyarakat

Kabinet Harmoni Perubahan
BEM UNRI 2018/2019

#KEMENSOSMAS2018_2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *