Rabu Sehat dengan Say No to Maag “Anak Kos Wajib Tau”

[BEM UNRI | RABU SEHAT]

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Salam Perjuangan.
Hidup Mahasiswa!

[Rabu Sehat dengan Say No to Maag “Anak Kos Wajib Tau”]

Hai mahasiswa Universitas Riau! Seperti yang kita tahu penyakit yang paling sering terjadi pada kita sebagai anak kos adalah maag. Tahukah kamu? Maag adalah kondisi di mana lambung mengalami peradangan. Pada saat maag menyerang, sakit yang biasa muncul umumnya yaitu rasa melilit dan perih pada perut. Penyebab maag cukup banyak, di antaranya akibat luka terbuka yang muncul di lapisan dalam lambung (tukak lambung), infeksi bakteri Helicobacter pylori, efek samping penggunaan obat anti inflamasi nonsteroid (OAINS), hingga stres berkepanjangan.

Penyakit ini cukup banyak ditemui dalam masyarakat. Bahkan menurut data yang dicatat oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada 2012, tingkat kejadian penyakit maag di Indonesia mencapai 40,8 persen. Saat mengatasi maag, mengonsumsi obat mengandung antasida saja sebenarnya tidak cukup. Ingat, obat maag tidak menyembuhkan secara total. Memulai pola makan sehat dengan menu yang tidak sembarangan akan lebih efektif meredakannya. Sebab jika asupan makananmu sudah tepat, otomatis lambung tidak akan mengalami masalah apapun.

📌Jenis makanan yang dianjurkan untuk penderita penyakit maag, yaitu :
• Sayuran. Brokoli, asparagus, kacang hijau, seledri, dan kembang kol semua rendah asam dan boleh dikonsumsi.
• Kentang. Salah satu menu pola makan sehat ini sangat serbaguna. Tapi, kentang yang dimaksud adalah kentang rebus ya. Selain itu, sayuran akar lainnya seperti bit dan wortel pun baik untuk dikonsumsi karena tidak mengandung gas yang mengganggu lambungmu.
• Oatmeal. Selain bisa dijadikan pengganti nasi, oatmeal juga rendah gula dan memiliki banyak serat, serta tidak akan menyebabkan refluks asam lambung.
• Roti. Konsumsi roti yang terbuat dari gandum whole wheat atau whole grain yang belum diproses karena dipenuhi dengan serat, vitamin, dan nutrisi lainnya.
• Nasi. Memang sulit makan tanpa nasi, namun jika memungkinkan, gunakan beras merah sebagai alternatifnya.
• Daging dan unggas, atau ikan dan seafood non-lemak. Maag bukan berarti tidak memperbolehkanmu makan daging. Kamu tetap bisa menikmati lezatnya daging-dagingan dengan memilih potongan yang tidak mengandung lemak.
• Putih telur. Penuh protein dan rendah lemak. Sebisa mungkin hindari kuning telur karena dapat menyebabkan gejala.
• Buah. Semua buah baik untuk kesehatan, namun pengidap maag sebaiknya mengurangi buah-buahan tinggi asam seperti lemon, jeruk, atau tomat.

Nah sakit maag termasuk jenis penyakit yang mudah kambuh loh hal ini karena lambung biasanya sensitif terhadap pola makan dan juga menu yang dimakan. Sebaiknya hindari mengkonsumsi kafein, makanan berlemak, makanan pedas yang mengandung cabe dan lada hitam, minuman bersoda, pola makan juga harus teratur serta hindari rasa stres dan rasa was-was juga ya.

📞Narahubung :
Menteri Sosial Masyarakat
Faldhany Hidayat (0821-6967-6090)
Najla Nailufar (0812-6675-4050)
Dirjen Kesehatan Masyarakat

Kabinet Harmoni Perubahan
BEM UNRI 2018_2019

#KEMENSOSMAS2018_2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *