Rabu Sehat Mengenai Bahaya Minum Teh Setelah makan

[BEM UNRI | RABU SEHAT]

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Salam Perjuangan.
Hidup Mahasiswa!

[Rabu Sehat Mengenai Bahaya Minum Teh Setelah makan]

Selamat pagi Armada Biru Langit!

Seperti yang kita ketahui, Teh merupakan minuman favorit banyak orang termasuk mahasiswa, apalagi jikalau itu teh es, bukan? Nah untuk itu mari kita simak khasiat dan kandungan di dalam teh.

Teh adalah salah satu minuman yang kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Teh memiliki antioksidan yang tinggi yang mampu meregenerasi dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, mencegah penuaan dini, dan melawan radikal bebas.

Banyak penelitian membuktikan bahwa rutin minum teh bisa mengurangi risiko penyakit seperti kanker, hipertensi, penyakit hati (liver), serangan jantung, dan stroke. Selain itu, teh juga membantu menurunkan serta mengendalikan berat badan. Karena segudang khasiat yang ditawarkan ini, teh menjadi minuman favorit orang-orang, terutama di Asia, sejak berabad-abad lalu.

πŸ”ŽTahukah kamu?
Meskipun teh sangat bermanfaat bagi kesehatan, ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum kita minum teh loh. Salah satunya adalah kapan sebaiknya minum teh. Baru-baru ini diketahui bahwa minum teh setelah makan berisiko mengganggu pencernaan dan penyerapan nutrisi dalam tubuh.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Nutritional Biochemistry menemukan bahwa kandungan asam tannin dan polifenol dalam teh bisa mengganggu penyerapan protein dan zat besi. Pasalnya, asam tannin dan polifenol akan mengikat kedua zat gizi ini di dalam usus.

Akibatnya tubuh tidak akan bisa menyerap dan mengurai zat-zat ini. Padahal, Anda membutuhkan protein dan zat besi untuk menjalankan berbagai fungsi tubuh. Kegunaannya antara lain adalah membentuk jaringan dan sel-sel tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, menyediakan sumber energi, serta menghasilkan darah yang kaya oksigen.

πŸ“ŒBerikut ini bahaya teh es jika diminum setelah makan:
β€’ Terhambatnya penyerapan zat besi
Meskipun kita menganggap teh adalah minum yang paling cocok dengan segala jenis makanan, namun minum teh menghambat penyerapan nutrisi serta terhambatnya zat besi dan menjadi pemicu penyakit anemia.
β€’ Diabetes
Ketika nasi yang kita makan mengandung karbohidrat di dalamnya terdapat glukosa tunggal serta teh yang kita minum mengandung glukosa.
β€’ Dehidrasi
Rasa segar yang ditawarkan oleh teh manis yang diminum setelah makan ternyata bersifat sementara loh. Hal ini dipicu oleh sifat diuretik yang dijumpai di dalam daun teh kering sehingga meningkatkan rasa haus setelahnya.
β€’ Penyakit kardiovaskular
Tidak hanya di dalam kopi, di dalam teh juga mengandung kafein loh. Sehingga hal ini berdampak pada sistem kardiovaskular kita yaitu tekanan darah kita menjadi tinggi.
β€’ Stroke
Teh manis cenderung meningkatkan asupan gula di dalam tubuh yang mengakibatkan kadar trigliserida menjadi tinggi sehingga hal inilah yang meningkatkan resiko stroke.

πŸ“ŒLalu, kapan waktu terbaik untuk minum teh?
β€’ Kalau setelah makan memang ingin minum teh, beri jeda kira-kira setengah jam sampai satu jam.
β€’ Pilih jenis teh yaitu teh hijau, karena, teh hijau bisa membantu melancarkan pencernaan dan tidak terlalu berdampak pada penyerapan zat besi dan protein layaknya teh hitam.
β€’ Pastikan juga bahwa tidak minum teh terlalu banyak setelah makan. Batasi sampai satu cangkir saja.
β€’ Sebaiknya menghindari minum teh sebelum tidur. Di malam hari, sistem pencernaan sudah tidak bekerja sebaik di siang hari. Maka, tubuh akan lebih sulit untuk mengurai gula dan berbagai nutrisi penting dalam teh tersebut. Dikarenakan teh juga mengandung kafein, maka teh juga bisa membuat kita terjaga sehingga sulit tidur.

Nah, minum teh es memang tidak dilarang kok namun jika kita minumnya setelah makan, maka akan menghambat penyerapan nutrisi dan terhambatnya zat besi. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika kita minum air putih setelah kita makan, karena hal itu lebih menyehatkan tubuh dan kita bisa terhindar dari anemia karena kebiasaan meminum teh es setelah makan.

Salam Harmoni.
––––––––––––––––––––
Kabinet Harmoni Perubahan
Kementerian Sosial dan Masyarakat
@bemunri

#RABUSEHAT
#KEMENSOSMAS2018_2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *