Rabu Sehat Mengenai Pentingnya Olahraga bagi Mahasiswa

[BEM UNRI | RABU SEHAT]
.
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Salam Perjuangan.
Hidup Mahasiswa!
.
[Rabu Sehat Mengenai Pentingnya Olahraga bagi Mahasiswa]
.
Selamat pagi Armada Biru Langit!
.
Sebagai mahasiswa tentunya kita memiliki aktivitas yang sangat padat bukan? Dari pagi sampai sore kita sudah menghabiskan waktu di kampus. Belum lagi malamnya dengan tugas tugas kuliah yang menumpuk, sudah pasti tidak ada waktu untuk berolahraga. Padahal sebenarnya olahraga itu sangat penting untuk kebugaran tubuh kita.

Sebenarnya olahraga itu sangat mudah dilakukan. Kita bisa mengatur waktu untuk berolahraga sesuai dengan aktivitas kita. Olahraga tidak harus yang berat dan waktu yang dibutuhkan juga tidak harus lama, bisa 30 menit sampai 1 jam per harinya.
.
📌Apa sih manfaat dari olahraga?
Seringkali kita menganggap olahraga itu hanya untuk orang yang diet. Jadi bagi orang yang badannya sudah ideal tidak perlu lagi berolahraga, nah ini yang salah. Olahraga ini banyak manfaatnya loh, tidak hanya untuk orang yang diet saja. Beberapa manfaat dari berolahraga :
• meningkatkan kebugaran tubuh
• menjaga kesehatan jantung dan memperlancar aliran darah
• meningkatkan metabolisme tubuh
• membuat suasana hati menjadi senang
• menjaga kinerja otot dan meningkatkan daya tahan otot
• meningkatkan kualitas hidup
• menghindari penyakit penurunan kognitif
• meningkatkan sirkulasi Oksigen didalam tubuh
.
📌Apa saja olahraga yang cocok untuk Mahasiswa?
• Jalan cepat, bisa dilakukan saat berangkat ke kampus dan pulang kampus. Selain berolahraga kita juga bisa berhemat untuk uang minyak.
• Lari, cocok untuk mahasiswa yang aktif. Lari ini hanya butuh niat dan komitmen dalam melakukan nya.
• Bersepeda, cocok untuk mahasiswa yang suka dengan tantangan dan jalan jalan.
• yoga, cocok untuk mahasiswa yang malas keluar kost. Olahraga yoga ini bisa di lakukan tanpa perlu keluar kost atau rumah.
.
📌Bagaimana sih mengatur waktu untuk berolahraga?
Berikut ini beberapa tips kita sebagai mahasiswa untuk mengatur waktu berolahraga :
1. Luangkan waktu untuk berolahraga. Ada 2 waktu yang disarankan untuk berolahraga
• Pagi Hari : orang yang melakukan olahraga di pagi hari akan memiliki semangat dan energi yang lebih besar dalam menjalankan aktivitasnya
• Sore Hari : meluangkan waktu sejenak di sore hari untuk berolahraga dapat meningkatkan kualitas tidur dimalam harinya. Perlu di ingat sebaiknya hindari waktu berolahraga berdekatan dengan waktu tidur.
2. Pilihlah olahraga yang menyenangkan dan sesuai dengan aktivitas kita.
3. Lakukan persiapan olahraga, mulai dari pakaian hingga minuman yang perlu dibawa saat berolahraga.
4. Lakukan olahraga minimal 30 menit, secara bertahap dimulai dari pemanasan 5-10 menit diakhiri dengan pendinginan 5 menit.
5. Lakukan pengukuran nadi di akhir olahraga untuk melihat target kita tercapai atau tidak.
6. Untuk hasil yang maksimal, lakukan olahraga teratur minimal 3 kali dalam seminggu.
.
Dengan meluangkan waktu 30 menit sampai 1 jam untuk berolahraga kita sudah bisa meningkatkan kualitas hidup dan mencegah dari penyakit, karena mencegah lebih baik dari mengobati.
.
Salam Harmoni.
––––––––––––––––––––
Kabinet Harmoni Perubahan
Kementerian Sosial dan Masyarakat
@bemunri
.
#RABUSEHAT
#KEMENSOSMAS2018_2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *