Rabu Sehat Mengenai Pola Tidur Mahasiswa yang Buruk

[BEM UNRI | RABU SEHAT]

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Salam Perjuangan.
Hidup Mahasiswa!

[Rabu Sehat Mengenai Pola Tidur Mahasiswa yang Buruk]
.
Selamat pagi Armada Biru Langit!
.
Pada umumnya, aktivitas kita sebagai mahasiswa dipadatkan dengan berbagai kegiatan yang beragam, mulai dari kegiatan akademik, yaitu belajar mengajar sampai kegiatan non akademik, yaitu organisasi. Jadwal kuliah kita yang padat dan tugas yang begitu banyak membuat kita harus mengorbankan waktu tidur untuk mengerjakannya. Hingga akhirnya, kita jatuh sakit dan membutuhkan waktu untuk penyembuhan serta harus mengejar ketertinggalan. Nah, Rabu Sehat kali ini akan membahas mengenai pola tidur mahasiswa yang buruk.
.
Pola tidur itu sendiri merupakan pola kebiasaan kita mengistirahatkan tubuh dengan tertidur. Tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia artinya secara alamiah manusia akan membutuhkan tidur sebagai kebutuhan setiap harinya. Dengan tidur, kita dapat mengistirahatkan tubuh dan pikiran yang letih akibat aktivitas seharian, membuat tubuh untuk memperbaiki sistem metabolisme agar status kesehatan kita berada pada tingkat yang optimal dan membuat kita merasa lebih fit dan segar serta siap untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Pola tidur yang buruk tersebut antara lain gangguan tidur, kualitas tidur yang buruk, dan durasi tidur yang pendek dimana dapat mempengaruhi kesehatan. Normalnya, waktu tidur yang baik pada malam hari yaitu sekitar 7-8 jam perhari.
.
πŸ“ŒBerikut ini contoh pola tidur yang biasa dilakukan mahasiswa :
1. Kebiasaan tidur sebelum pukul 11 siang
Banyak dari kita yang terbiasa untuk tidur di pagi hari bahkan tidur lebih dari 9 jam. Pakar kesehatan menyebutkan kebiasaan tidur tersebut dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan loh, contohnya yaitu ketidakseimbangan metabolisme, sakit kepala bahkan rawan penyakit kanker darah. Hal ini disebabkan karena, ketika kita tertidur terdapat cairan serebrospina yang mengalir ke otak dan membuat zat tersebut terus mengalir pada otak kita serta terjadi kenaikan kadar darah putih yang membuat tubuh kita rawan terkena penyakit kanker darah.
.
2. Kebiasaan tidur di atas pukul 12 malam
Seperti yang kita tahu bahwa kebanyakan dari kita melakukan aktivitas pada malam hari bahkan sampai dini hari untuk mengerjakan berbagai deadline tugas akademik maupun non akademik. Namun, kebiasaan tersebut menimbulkan dampak negatif seperti :
β€’ Muka pucat dan lingkaran hitam di bawah mata
β€’ Pusing
β€’ Susah konsentrasi karena kinerja otak yang terhambat
β€’ Daya tahan tubuh menurun
Tidak hanya itu, kebiasaan tersebut berdampak terhadap pikiran juga loh, seperti :
β€’ Stress dan depresi
β€’ Mudah marah
β€’ Gelisah
Bahkan, kebiasaan ini bisa menyebabkan resiko penyakit jangka panjang seperti penyakit jantung, resiko stroke bahkan alzheimer (Pikun).
.
3. Kebiasaan tidur di atas pukul 3 sore
Jika tubuh kita dalam kondisi lelah maka proses istirahat akan semakin cepat, dan biasanya akan tertidur di sore hari. Tidur di sore hari hingga maghrib menjelang bukan membuat badan kita menjadi fit dan segar saat bangun, tetapi membuat badan menjadi lelah, kepala pusing dan tidak enak badan dialami oleh (hampir) semua orang yang punya kebiasaan tidur sore. Dampak negatif yang paling dominan ketika kita tidur sore yaitu meningkatkan kadar kolesterol, menurunkan daya ingat, bahkan meningkatkan resiko kematian. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang sering tidur sore mengalami peningkatan resiko kematian hingga 14 persen. Namun jika tidur lebih dari satu jam di sore hari, resiko naik hingga 32 persen.
.
Pola tidur yang biasa dilakukan mahasiswa tersebut merupakan pola tidur yang buruk, pola tidur yang tidak adekuat dan kualitas tidur yang buruk dapat mengakibatkan gangguan keseimbangan fisiologis dan psikologis dalam diri kita. Oleh sebab itu, penting bagi kita yang memiliki pola tidur buruk untuk memperbaiki pola tidur dengan gaya hidup yang sehat yaitu tidur sesuai dengan kebutuhan.
πŸ“ŒBerikut ini cara kita untuk mengatasi pola tidur yang buruk :
β€’ Batasi konsumsi makanan dan minuman sebelum tidur, terlebih makanan yang berminyak dan cepat saji, minuman kafein, nikotin dan alkohol
β€’ Batasi jam tidur siang maksimal hanya 30 menit dan lakukan sebelum jam 3 sore. Hal ini juga dapat membantu memperbaiki mood, kewaspadaan, dan performa tubuh kita loh
β€’ Konsumsi vitamin dan biji nabati
β€’ Olahraga teratur dan menghindari stress
β€’ Ciptakan suasana yang nyaman dan kondusif untuk tidur, menurut penelitian menciptakan suasana yang nyaman dan kondusif dapat mempengaruhi kemampuan untuk memulai dan tetap tidur.
.
Itulah beberapa kebiasaan mahasiswa serta dampak negatif dan cara mengatasi pola tidur mahasiswa yang buruk. Tubuh kita merupakan pemberian Sang Pencipta yang wajib dijaga, oleh karena itu mari kita menjaga kesehatan, salah satunya yaitu mengoptimalkan waktu kesibukan dengan tidur dan beristirahat, karena sekeras apapun usaha kita dalam membugarkan maupun membentuk tubuh, hasilnya tidak akan optimal jika mengabaikan waktu tidur dan istirahat,bukan?
.
Salam Harmoni.
––––––––––––––––––––
Kabinet Harmoni Perubahan
Kementerian Sosial dan Masyarakat
@bemunri
.
#RABUSEHAT
#KEMENSOSMAS2018_2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *