Riau Dilanda Asap, Pemerintah dan ASN Asik Kongkow-kongkow

[BEM UNRI | PERNYATAAN SIKAP]

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Salam Perjuangan
Hidup Mahasiswa!

[Riau Dilanda Asap, Pemerintah dan ASN Asik Kongkow-kongkow]

Pekanbaru (10/3/2019) — Tensi 2019 sebagai tahun politik menuju pemilihan calon anggota legislatif dan calon presiden dan wakil presiden Republik Indonesia semakin memanas. Berbagai visi, misi, program dan atau citra diri ditunjukkan oleh peserta pemilu untuk meyakinkan pemilih untuk memilihnya pada 17 April mendatang.

Namun sangat disayangkan, aktifitas kampanye itu tidak hanya dilakukan oleh peserta pemilu dan tim kampanyenya, tapi juga melibatkan orang-orang yang dilarang untuk melakukan kampanye, seperti Aparatur Sipil Negara (ASN atau PNS) sebagaimana diatur dalam Pasal 69 PKPU Nomor 23 Tahun 2018 Tentang Kampanye Pemilihan Umum. Selain itu dalam Pasal 2 huruf f UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara juga telah diatur bahwa setiap pegawai ASN tidak berpihak dari segala pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun atau dengan kata lain netral.

9 Maret 2019, Pukul 21.30 WIB BEM Universitas Riau melakukan konsolidasi bersama dengan kelembagaan mahasiswa se-Universitas Riau guna membahas permasalahan Kebakaran Lahan dan Hutan yang kembali melanda Riau. Namun, ketika mahasiswa UNRI sibuk membicarakan permasalahan rakyat, para pejabat publik dan Aparatur Sipil Negara (ASN) tanpa terkecuali pimpinan UNRI tengah asik kongkow-kongkow diduga mempersiapkan acara deklarasi dukungan terhadap salah satu pasangan calon presiden dan calon wakil presiden republik Indonesia.

Tentu hal itu menambah preseden buruk bagi kepemimpinan pemerintah saat ini dan mencoreng netralitas ASN. Maka dari itu kami BEM Universitas Riau menyatakan sikap:

1. Menuntut Gubernur Riau untuk fokus dan sibuk menyelesaikan permasalahan rakyat Riau, bukan sibuk berpolitik praktis
2. Mengecam ASN yang terlibat mendukung peserta pemilu dan kampanye

Salam Harmoni.
––––––––––––––––––––
Kabinet Harmoni Perubahan
Kementerian Komunikasi dan Informasi
@bemunri

#RiauDilandaAsap
#PemerintahDanASNAsikKongkow
#KEMENHADKESMA2018_2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *