Selamat Hari Peduli Sampah Nasional

[Kabinet Pilar Peradaban_Info]

Selamat Hari Peduli Sampah Nasional

Lahirnya Hari Peduli Sampah Nasional dipicu dengan tragedi longsornya sampah di Leuwigajah, Cimahi, Provinsi Jawa Barat, pada 21 Februari 2005 silam. Tragedi itu telah memicu dicanangkannya Hari Peduli Sampah Nasional yang diperingati tepat di tanggal insiden itu terjadi pada setiap tanggal 21 Februari. Melalui insiden tersebut, hendaknya kita selaku penduduk bumi menyadari bahwa karena sifat dan kebiasaan yang tidak baik (membuang sampah sembarangan) dapat mengakibatkan bomerang bagi diri sendiri.

Sebelumnya pemerintah juga telah berupaya untuk mengatasi permasalahan sampah, yakni dengan membentuk UU Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah serta PP Nomor 81 Tahun 2013 tentang Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga. Bahkan melalui Perpres 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan Nasional Penanganan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga maupun berbagai kegiatan lainnya seperti pengembangan bank sampah, sampah menjadi energi, serta berbagai kegiatan kemasyarakatan peduli sampah.

Tetapi hingga saat ini, permasalahan sampah di Indonesia tak kunjung selesai. Hal ini harusnya sejalan dengan kebiasaan serta perilaku masyarakat Indonesia yang harus mulai sadar dengan kondisi lingkungan sekitar. Contohnya yang paling sederhana, dimulai dengan membuang sampah pada tempatnya dan tidak membuang sampah ke sungai atau sembarang tempat lainnya yang dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan. Selain itu peduli sampah bisa juga dimulai dengan memanfaatkan kembali sampah tersebut, sayangnya di negara Indonesia, angka pendaurulangan sampah termasuk rendah yakni di bawah 50 %.

Melalui peringatan Hari Peduli Sampah Nasional ini, kita sebagai pemuda harapan bangsa tentunya harus menjadi contoh sekaligus pelopor lingkungan, dan dapat menyumbangkan ide-ide kita untuk menuntaskan permasalahan sampah di negeri sendiri. Marilah kita bergerak bersama-sama untuk Indonesia bebas sampah tahun 2020 dengan membangun kepedulian dan kebersamaan dalam pengelolaan sampah yang berkelanjutan.

Inisiator Peradaban: Bergerak, Berkarya, Berprestasi!

#BEMUniversitasRiau #KabinetPilarPeradaban
#HariSampahNasional #BebasSampah2020
——————————————————-
Kementerian Komunikasi dan Informasi
Kabinet Pilar Peradaban
BEM Universitas Riau