Yuk, Budayakan Aktivitas Sustainable!

[BEM UNRI | INFO]

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Salam Perjuangan.
Hidup Mahasiswa!

[Yuk, Budayakan Aktivitas Sustainable!]

Hallo Sahabat Ecobridge!
Bagaimana cara hidup dengan prinsip sustainable? Sistem berkelanjutan? Setiap hari kita beraktifitas dan menimbulkan banyak sekali pengaruh terhadap lingkungan dan objek yang ada di sekitar kita. Dari apa yang kita keluarkan, kita makan, kita gunakan tentunya berdampak atau memberi jejak cukup berarti. Dengan memikirkan tentang lingkungan sehat, maka pola pikir kita akan bekerja dua kali dari biasanya. Jangan berpikir terlalu berat. Sistem berkelanjutan ini tentu saja memberikan dampak yang sangat baik bagi lingkungan dan diri kita.

Yuk intip sustainable yang bisa kamu contoh dalam kehidupan sehari-hari :

1. Menggunakan kantong belanja
Coba deh kamu pikir, dalam sehari kamu menggunakan berapa kantung plastik untuk barang apa saja yang kamu beli. Yuk, cukup gunakan satu kantong belanjaan yang setiap hari kamu bawa dan hindari penggunaan kantong plastik.

2. Bawa botol minum
Manusia sangat butuh dengan air. Ketika kamu sedang makan di tempat makan, maka minum yang kamu dapatkan tentunya berupa tempat plastik bukan? Lalu ketika kamu membeli softdrink tentu sampahnya akan bertambah banyak. Coba deh kamu bawa botol minummu. Benda kecil ini selalu punya tempat tersendiri di tasmu lho. Kamu bisa menggunakannya kapan saja dan kamu tau kondisi kebersihannya juga.

3. Pipet pribadi
Udah zaman now, masa kamu belum punya pipet pribadi? Yuk bawa pipet pribadimu dan tolak pipet yang disediakan oleh tempat minum. Benda kecil ini sudah banyak bertebaran di laut sana. Apa iya kamu masih mau menambah jumlah sampahnya?

4. Jalan jika kamu mampu
Semakin hari Pekanbaru makin panas ya? Iya, apalagi kalau udah siang hari ditambah macet. Polusi udara juga memburuk. Untuk menguranginya dimulai dari kesadaran diri. Jika tempat yang kamu tuju memungkinkan untuk kamu jalan kaki, jalan saja. Hitung-hitung hemat bahan bakar minyak, toh.

5. Hemat kertas
Untuk para mahasiswa tentu penggunaan kertas tidak terhitung jumlahnya. Tapi kamu bisa membatasinya dan tidak membuang kertas sembarangan. Produksi kertas cukup tinggi tiap tahunnya dan kamu bisa mengurangi penggunaan kertas sewajarnya dengan cara mencegah kesalahan cetak atau menggunakan kertas bekas (yang masih baik) untuk catatan keseharianmu.

Nah dari 5 tips hidup sustanaible diatas tentu kamu bisa memulainya dari sekarang, mudahkan?

Salam Harmoni.
––––––––––––––––––––
Kabinet Harmoni Perubahan
Kementerian Lingkungan Hidup
@bemunri

#KEMENLINDUP2018_2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *