H. Misran Rais Sang Pejuang Veteran

[BEM UNRI | TUAH]

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Salam Perjuangan.
Hidup Mahasiswa!

[ H. Misran Rais Sang Pejuang Veteran]

Selamat Malam Armada Biru Langit! Jum’at ini kita akan lanjut membahas salah satu tokoh melayu bernama H.Misran Rais. Yuk, simak selengkapnya biografi H.Misran Rais.

H. Misran Rais adalah seorang tokoh pejuang veteran yang mendapat beberapa penghargaan tanda jasa dari pemerintah, di antaranya Pahlawan Perjuangan Gerilya Membela Kemerdekaan Negara, Satya Lencana Peristiwa Aksi Militer Pertama, dan Satya Saptamarga. Selain itu, Misran Rais juga merupakan seorang seniman musik yang mendapat penghargaan sebagai Seniman Pemangku Negeri dari Dewan Kesenian Riau dalam Anugerah Seni Dewan Kesenian Riau tahun 2001. H. Misran Rais lahir di Bengkalis, Karesidenan Riau, 28 Agustus 1928 – meninggal di Bagansiapiapi, Riau, 21 Desember 2015 pada umur 87 tahun.

Setelah Jepang kalah dalam Perang Dunia II, Misran menjadi tentara di Bagansiapiapi. Pada saat terjadi Agresi Militer Belanda II pada tahun 1946, Misran pindah ke daerah Rokan Hulu, kemudian ke Pasir Pengaraian, baru pada tahun 1948 ke Pekanbaru.

Pada tahun 1950 Misran berhenti menjadi tentara dan masuk ke Dinas Pekerjaan Umum bagian Tata Usaha di beberapa tempat di antaranya Bengkalis, Dumai, dan Selatpanjang dari tahun 1950 sampai 1984.

Sejak tahun 1984 Misran mulai menetap di Dumai dan di kota industri minyak inilah Misran mendapatkan inspirasi lagu Hymne dan Mars Rokan Hilir. Lagu itu dibuatnya pada tahun 1999 sebelum Musyawarah Besar (Mubes) pembentukan Kabupaten Rokan Hilir. Di akhir hayatnya, Misran Rais menjabat sebagai Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia tingkat Kabupaten Rokan Hilir.

Untuk mengenang jasa-jasa Misran Rais, Gedung Serba Guna atau Gedung Nasional, tempat pertama kalinya lagu Mars dan Hymne Rohil yang diciptakan oleh Misran Rais diperdengarkan, diubah namanya menjadi Gedung Pertemuan H. Misran Rais. Penamaan tersebut diresmikan secara simbolis dalam rapat paripurna istimewa hari ulang tahun Kabupaten Rokan Hilir ke-19 tanggal 4 Oktober 2018.

Sumber :
– Go Riau
– Dewan Kesenian Riau 2009

Salam Harmoni.
––––––––––––––––––––
Kabinet Harmoni Perubahan
Kementerian Komunikasi dan Informasi
@bemunri

#TUAH
#KEMENKOMINFO2018_2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *