“Pelantikan Pengurus, BEM UNRI juga Mengundang Direktur IRESS Sebagai Pemateri Talkshow”
.
Pekanbaru (04/09/2019)–Didampingi oleh Prof. Dr. Iwantono, M. Phil selaku Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan dan alumni serta Abdul Hamid selaku Wakil Presiden Mahasiswa, Syafrul Ardi selaku Presiden Mahasiswa resmi melantik pengurus BEM Universitas Riau periode 2019/2020 di gedung Sutan Balia Fakultas Ilmu Sosial dan Politik pada Senin (02/09/2019).

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pelantikan pengurus BEM UNRI periode ini juga menggelar Talkshow bertajuk Ekonomi Energi dari Riau untuk Indonesia. Mengusung tema “optimalisasi pengembangan energi baru terbarukan dari Riau demi menyokong perekonomian guna kesejahteraan rakyat Indonesia.”
.
Dalam kata sambutannya, Syafrul mengatakan bahwa BEM UNRI untuk kedepannya akan terus berpihak kepada rakyat terkhusus masyarakat Riau.
.
“Dilantiknya kami pada saat ini, apapun yang terjadi dengan masyarakat Riau ke depannya, tidak akan ada lagi yang namanya kompromi antara mahasiswa dan pemerintah jika masyarakat yang menjadi korbannya. Mahasiswa sebagai agent of change, agent of control akan tetap memperhatikan kebijakan-kebijakan pemerintah yang tidak sesuai dengan masyarakat.” ungkap Syafrul.

Setelah acara pelantikan dilakukan, kemudian dilanjutkan dengan talkshow yang dipandu oleh M. Hafiz Ona selaku Menteri Sosial Politik periode 2018/2019 yang lalu.
.
Provinsi Riau yang terkenal akan kekayaan minyaknya seharusnya bisa menjadikan rakyat lebih sejahtera, namun pada saat ini dapat dilihat bahwa standar kesejahteraan itu belum sampai pada semua elemen masyarakat.
.
Indra Agus Lukman selaku kepala Dinas ESDM Provinsi Riau mengatakan bahwa untuk minyak saja, Provinsi Riau pun masih impor dari luar negeri.
.
“Meskipun jika berpedoman bahwa daerah kita penghasil minyak, lalu yang menikmatinya kita tentu akan surplus, tetapi dalam kesatuan Republik Indonesia bahwa semua provinsi juga dapat menikmati hasil minyak tersebut untuk masyarakat, sehingga total produksi kita tidak balance yang menyebabkan adanya impor dari luar.” ujar Indra.

Kemudian, Ir. Marwan Batubara, Msc selaku Direktur Indonesia Resources Studies Indonesia (IRESS) mengatakan bahwa UNRI mempunyai suara untuk Riau. “Sesuai tema energi untuk Riau, UNRI mempunyai suara, yaitu untuk menyuarakan supaya salah satu tambang subsidi untuk pengelolaan EBT, mendirikan BUMN khusus solar, melakukan subsidi tepat sasaran yang khusus untuk orang yang tidak mampu, jangan yang mampu justru lebih banyak menikmati itu.” jelas Marwan.

Sebagai closing statement, Budi Febriadi selaku Ketua HIPMI Riau menyampaikan, “Apabila pemerintah Riau mencontoh pemerintah Kalimantan Selatan. Mereka membuat terobosan baru, saat orang demam batubara, orang datang membawa uang menjadi investor tetapi izin diberikan kepada putra daerah. Silahkan lakukan konsorsium dengan putra daerah, sehingga yang kaya adalah orang Kalimantan Selatan.” tegas Budi. (ZL/FL)
.
____________
Presiden Mahasiswa : Syafrul Ardi
Wakil Presiden Mahasiswa : Abdul Hamid
———————————————————
KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMASI
.
KABINET SRI INDRAPURA
BEM UNIVERSITAS RIAU 2019