“Bahas Kenaikan Iuran BPJS, BEM UNRI Menggelar Majelis Reboan”

Pekanbaru (06/11/2019)–BEM Universitas Riau melalui Kementerian Sosial Politik kembali mengadakan Majelis Reboan pada (06/11/2019). Bertemakan, “Iuran BPJS Naik, Rakyat Diminta Mengerti?” Menghadirkan Herianto, SH, C. P. L sebagai narasumber, majelis reboan dilakukan di sekretariat BEM UNRI.

Seiring dengan disahkannya kebijakan pemerintah tentang kenaikan BPJS, membuat masyarakat yang taraf ekonominya menengah kebawah merasakan keresahan. Menanggapi hal tersebut, BEM UNRI menilai bahwa kebijakan pemerintah tidak pro rakyat.

Herianto menjelaskan bahwasanya filosofi terbentuknya BPJS ini awalnya atas dasar penerapan gotong royong untuk menjamin kesehatan masyarakat. Namun, seiring berjalannya waktu, program tersebut dijadikan sebagai alat politisasi dan ladang usaha oleh orang-orang yang berkepentingan.

Dari sisi lain, sistem pengelolaan BPJS kurang baik sehingga menyebabkan BPJS tersebut menjadi carut marut. Kebijakan naiknya iuran BPJS ini, menurut pemerintah akan bisa menyelesaikan defisit karena tunggakan pembayaran. Namun, fakta di lapangan membuktikan bahwa penunggakan iuran BPJS tersebut disebabkan oleh perusahaan atau BPJS Ketenagakerjaan.

Herianto juga mengatakan bahwa faktor lainnya karena menunggaknya pembayaran dari masyarakat dengan penghasilan menengah ke bawah. Hal itu pun sebenarnya juga keterpaksaan yang mereka lakukan sebab anggota yang sakit. Melihat anggaran rumah tangga yang semakin hari semakin menaik, membuat mereka juga kewalahan untuk membayar iuran BPJS tersebut.

Menanggapi kebijakan pemerintah tersebut, Herianto mengatakan bahwa pemerintah tidak melihat dari semua aspek masyarakat nya. Jika masyarakat terlambat membayar BPJS maka biaya tunggakan akan semakin tinggi.

Terakhir, Herianto mengatakan bahwa dari sisi pemerintah mungkin saja ini menjadi solusi alternatif bagi mereka. “Menaikkan tarif iuran BPJS tersebut mungkin saja menjadi solusi bagi pemerintah. Tetapi solusi ini bukanlah dari semua aspek kehidupan.” ujar Herianto. (FLM)
.
____________________________________
Presiden Mahasiswa : Syafrul Ardi
Wakil Presiden Mahasiswa : Abdul Hamid
———————————————————
KEMENTERIAN SOSIAL POLITIK
.
KABINET SRI INDRAPURA
BEM UNIVERSITAS RIAU 2019