“Bahas Antisipasi Pencemaran Sungai, BEM UNRI Kembali Adakan Kuliah Volunteer Lingkungan”

Pekanbaru (03/12/2019) – Kuliah volunteer lingkungan kembali diadakan pada (01/12/2019). Mengusung tema, “Ada sungai, ada kehidupan”, menghadirkan Aulia Putra Menteri Demisioner Lingkungan Hidup periode 2018/2019 sebagai pemateri.
.
Aulia Putra mengatakan, “Sungai merupakan kebutuhan yang terpenting untuk wilayah Riau dan sekitarnya, misalnya saja Sungai Siak yang merupakan tempat bergantung masyarakat Siak pada khususnya,” ujar Aulia.
.
“Saat ini, banyak sungai yang sudah tercemar, baik itu tercemar limbah pabrik ataupun tumpahan minyak kapal yang melintasi sungai tersebut. Sangat ditakutkan bila tercemar oleh logam berat suatu perairan. Logam berat ini tidak nampak apabila dilihat oleh mata telanjang, namun berdampak bahaya jika dikonsumsi. Apabila terjadi penumpukan logam berat di dalam tubuh menyebabkan sel-sel di dalam tubuh menjadi aktif, kemudian menyebabkan penyakit-penyakit yang mematikan, misalnya kanker,” lanjutnya.
.
Aulia berharap, “Sebagai volunteer lingkungan sesegera mungkin untuk memberikan kampanye atau sosialisasi terhadap masyarakat sekitar tentang menjaga lingkungan, larangan membuang sampah, dan limbah di sungai yang ada di Riau khususnya. Apalagi saat ini daya serap air berkurang, karena hutan yang gundul. Ditambah lagi perataan pembangunan seminisasi di daerah Riau.”
.
Sebagai penutup, Bima Wahyuda selaku moderator berpesan, “Stop membuang sampah di sungai, karena ada kehidupan di sungai tersebut. Stop menjadikan sungai sebagai TPA sampah. Mari sama-sama menjaga lingkungan, agar lingkungan juga menjaga kita,” ucapnya. (MS/FLM)

.
____________________________________
Presiden Mahasiswa : Syafrul Ardi
Wakil Presiden Mahasiswa : Abdul Hamid
———————————————————
KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

KABINET SRI INDRAPURA
BEM UNIVERSITAS RIAU 2019