“Efek Kabut Asap, Parameter Kesehatan Menjadi Fokus Kunjungan Desa Terdampak Kabut Asap Riau”
.
Pekanbaru (03/12/2019) – Kementerian Sosial dan Masyarakat bersama Tim PKPU adakan kunjungan ke Kabupaten Pelalawan pada Sabtu (24/11/2019).
.
Desa yang dikunjungi adalah Desa Sering dan Desa Lalang Kabung. Alasannya daerah ini sebagai lokasi, karena kedua desa ini menjadi wilayah yang paling parah terpapar asap. Kegiatan tersebut juga dihadiri relawan dari PKPU dan Kader Posyandu setempat.
.
Kegiatannya, prosmilling atau kegiatan cek kesehatan untuk warga setempat. Prosmiling dilaksanakan di Puskesmas pembantu di tribun Desa Sering dan aula Puskesmas Desa Lalang Kabung. Selain cek kesehatan, juga diberikan pengobatan dan penanganan penyakit. Untuk anak – anak yang ikut dalam pemeriksaan ini diberikan nutrisi berupa buah-buahan, susu UHT dan roti.
.
Setelah itu, diadakan pembuatan posyandu bebas asap. Posyandu bebas asap ini diharapkan bisa digunakan ketika bencana asap datang kembali atau sebagai antisipasi. Posyandu bebas asap berada di Desa Sering. Kemudian, program posyandu nyaman anak yang dibuat dengan memberikan peralatan mainan aman bagi anak-anak sebagai taman bermain. Di akhir kegiatan, diadakan story telling yang bertujuan untuk menghibur anak-anak.

Rios Apriliyan Saputra berharap adanya kunjungan dalam rangka recovery asap ini sebagai kegiatan yang bisa berdampak baik. “Harapannya, agar kegiatan yang dilakukan bisa berdampak baik kepada masyarakat disana, seperti mengobati masyarakat yang terkena penyakit ISPA akibat bencana asap melanda. Dibuatnya Posyandu Bebas Asap diharapkan bisa digunakan sebagai posko darurat jika bencana asap kembali melanda.” ujar Rios saat diwawancarai. (SH/FLM)
.
____________________________________
Presiden Mahasiswa : Syafrul Ardi
Wakil Presiden Mahasiswa : Abdul Hamid
———————————————————
KEMENTERIAN SOSIAL DAN MASYARAKAT

KABINET SRI INDRAPURA
BEM UNIVERSITAS RIAU 2019