“Permasalahan Sampah Tidak Kunjung Usai, Forling Sepakati Pembuatan Bank Sampah dan Butir Peraturan Lingkungan”
.
Pekanbaru, (10/02/20) – Kementerian Lingkungan Hidup BEM Universitas Riau KSI untuk yang kedua kalinya telah melaksanakan Forum Lingkungan pada (06/02/20) lalu. Forum ini dihadiri oleh Mimi Sri Wahyuni, Sekretaris Menteri Lingkungan Hidup BEM UNRI KSI. Dan juga dihadiri oleh kepala dinas terkait Lingkungan Hidup se- Universitas Riau. Pembahasan Forum Lingkungan kali ini adalah rencana Pembuatan Bank Sampah dan perencanaan pembuatan Peraturan Menteri terkait Lingkungan Hidup di Universitas Riau.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Pembuatan Bank Sampah di Universitas Riau dirasa sangat diperlukan melihat kondisi lingkungan di kampus saat ini. Tidak sedikitnya sampah yang berserakan dimana-mana. Dan juga penumpukan sampah yang memperburuk pemandangan sehingga mempengaruhi kondisi hati seseorang. Kemudian Masih kurangnya fasilitas tempat sampah sehingga sebanding dengan kurangnya antusias diri untuk membuang sampah pada tempatnya. Dan terlihat juga kurangnya kepedulian untuk menggolongkan pembuangan sampah berdasarkan jenisnya, yaitu organik dan non organik.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Menanggapi sebaran peraturan menteri LHK(Lingkungan Hidup dan Kehutanan) mengenai larangan penggunaan plastik sekali pakai. Juga mengenai keresahan tentang minimnya peraturan yang ada di Fakultas berkaitan dengan lingkungan hidup. Maka pada Forum Lingkungan kali ini disepakati untuk membuatan peraturan menteri mengenai lingkungan hidup. Dengan butir pasal akan dibuat saat Forum Lingkungan selanjutnya.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Mimi Sri Wahyuni, Sekretaris Menteri Lingkungan Hidup BEM UNRI KSI berharap bahwa, ” Dengan adanya Bank Sampah, tidak ada lagi penumpukan sampah yang menjadi sumber penyakit dan diharapkan kesadaran diri civitas akademika mengenai sampah menjadi kebih positif. Karena sampah baik organik mapun nonorganik masih bisa dimanfaatkan. Pastinya dapat menjadi sumber pemasukan HIMA/HMJ dan BEM Fakultas dari sampah yang di jual ke Bank Sampah. Untuk sampah organik sendiri diharapkan dapat diolah menjadi sesuatu yang bermanfaat seperti pupuk Kompos. Rencana awal akan di arahkan ke FAPERTA agar lebih bermanfaat,” ujarnya. (MS)
.
____________________________________
Presiden Mahasiswa : Syafrul Ardi
Wakil Presiden Mahasiswa : Abdul Hamid
———————————————————
KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP
.
KABINET SRI INDRAPURA
BEM UNIVERSITAS RIAU 2020