Hai, Kolaborator Perjuangan !
.
Hari ini, Senin (16/03/20) tepat 37 tahun berdirinya Kementerian Kehutanan yang setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Bakti Rimbawan. Awal mulanya, hari bakti rimbawan dibentuk pada tanggal 16 Maret 1983, yang dalam pidatonya Presiden Soeharto menyampaikan perlunya pemecahan beberapa Departemen sehingga dapat dikelola lebih intensif, termasuk di dalamnya Departemen Pertanian yang ketika itu masih membawahi sektor kehutanan.

Dari era sentralisasi hingga otonomi daerah, pengelolaan hutan Indonesia bersifat topdown kepada pengelolaan yang bersifat partisipatif, dari paradigma State Based Forest Management ke paradigma Community Based Forest Management, kesemuanya melahirkan polemik yang tidak bisa diselesaikan.

Pada zaman orde baru, Indonesia telah melakukan eksploitasi hutan alih-alih memberikan kontribusi bagi kesejahteraan rakyat. Pasca reformasi, data menunjukkan peningkatan laju deforestasi serta jumlah penduduk miskin yang tinggal di sekitar kawasan hutan merupakan indikasi bahwa otonomi daerah belum berjalan maksimal. Hal ini membuktikan bahwa terjadinya stagnasi ekonomi pada masyarakat yang menggantungkan hidup pada sektor kehutanan dan membuktikan lemahnya civil society di Indonesia.

Segenap pengurus BEM Universitas Riau Kabinet Sri Indrapura mengucapkan selamat Hari Bakti Rimbawan Nasional. Kita harus mulai menyadari dan mengubah paradigma tentang pembangunan kehutanan mengarah pada pengelolaan yang bersifat partisipatif. Masyarakat bukan lagi sebagai objek dari demokrasi tersebut, tetapi harus ikut serta juga dalam membangun kehutanan di indonesia agar tetap jaya.

Hidup Mahasiswa ! Hidup Rakyat Indonesia !

.
____________
Presiden Mahasiswa : Syafrul Ardi
Wakil Presiden Mahasiswa : Abdul Hamid
———————————————————
KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP
.
KABINET SRI INDRAPURA
BEM UNIVERSITAS RIAU 2020