“Diskusikan Pengembangan Wisata Riau Sembari Jalin Silaturahmi, BEM UNRI Kunjungi Dinas Pariwisata Provinsi Riau”
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Pekanbaru, (16/03/20) – BEM Universitas Riau Kabinet Sri Indrapura melalui Kementerian Lingkungan Hidup adakan kunjungan ke Dinas Pariwisata Provinsi Riau pada (13/03/20) lalu. Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan berdiskusi mengenai pengembangan wisata di Provinsi Riau terutama wisata alam. Kunjungan tersebut disambut hangat oleh Dra. Gustini selaku Sekretaris Dinas Pariwisata Riau. Pada kesempatan ini dihadiri oleh Abdul Hamid selaku Wakil Presiden Mahasiswa Universitas Riau, Hafidz Wandrifo selaku Menteri Lingkungan Hidup dan juga staff BEM UNRI lainnya.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Banyak nya potensi wisata alam di Provinsi Riau meliputi laut, pantai, sungai bahkan goa. Namun, tidak sejalan dengan pengembangannya yang masih lambat dan kurang terekspos ke khalayak. Sejalan dengan hal itu Abdul Hamid menyampaikan bahwa “Potensi wisata alam dibeberapa daerah cukup potensial namun pengembangannya masih kurang dan membutuhkan support dari pihak provinsi salah satunya yang ada di Desa Tanjung, Kecamatan Kampar Hulu,” Ungkapnya.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Desa Tanjung, Kecamatan Kampar Hulu salah satu desa yang memiliki potensi wisata untuk dikembangkan bahkan dipilih sebagai tempat pelaksanaan Aksi Peduli Lingkungan (APEL) oleh BEM UNRI. Untuk itu Hafidz menambahkan bahwa, “Untuk mengembangkan wisata alam terutama di Desa Tanjung dibutuhkan pemahaman bagi warga desa mengenai potensi wisata. Pihak yang dapat dilibatkan termasuk aparatur desa, ibu-ibu PKK, Pokdarwis dan juga anak sekolah. BEM Universitas Riau berinisiatif bekerja sama dengan MAPALINDUP Universitas Riau untuk melakukan kegiatan peningkatan wisata alam di Desa Tanjung,” tambahnya.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Hal ini disambut baik oleh Gustini, beliau menanggapi bahwa, “Kami dari Dinas Pariwisata Provinsi Riau tentu mendukung kegiatan tersebut terutama untuk peningkatan pariwisata. Namun perlu ada komunikasi lebih lanjut dengan Pemerintah Kabupaten sebagai tuan rumah,” jelasnya.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Masih Abdul Hamid, beliau menanyakan perihal kesedian pengisi ataupun pemateri untuk kegiatan yang akan dilakukan di Desa Tanjung mendatang, Gustini menyampaikan “Untuk itu tentu ada. Saya akan coba komunikasi lebih lanjut dengan Kadis dan Kabid terkait, insyaallah bisa,” jelasnya. Terakhir Gustini mendoakan dan berharap kesuksesan dari kegiatan Aksi Peduli Lingkungan yang akan dilaksanakan nanti dapat berjalanan lancar dan sukses. Dan membuat masyarakat lebih paham akan pengelolaan wisata alam yang ada. (MSW/MS)
.
.
.
____________
Presiden Mahasiswa : Syafrul Ardi
Wakil Presiden Mahasiswa : Abdul Hamid
———————————————————
KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP
.
KABINET SRI INDRAPURA
BEM UNIVERSITAS RIAU 2020