“Ma’ruf Amin Kunjungi Riau, BEM Unri Adakan Aksi Penolakan Omnibus Law”
.
Pekanbaru (13/03/2020) – Omnibus Law yang kini menjadi keresahan masyarakat riau akibat adanya point yang akan menghapus izin lingkungan dan kebijakan lainnya yang tidak pro rakyat membuat BEM UNRI dan seluruh mahasiswa tergerak hatinya untuk mengkritisi pemerintah dan menyampaikan tuntutan rakyat. Dalam kesempatan hadirnya Wakil Presiden Indonesia, Bapak Ma’ruf Amin di Pekanbaru Riau membuat BEM UNRI membulatkan tekad untuk mengadakan aksi tolak Omnibus law pada (06/03/20) didepan Universitas Riau atau didepan Hotel Mona.

Agenda ini diadakan pada pukul 10.00 WIB dan dihadiri oleh Menteri Sospol, Menteri Hadkesma, Dirjen kastrad, Staff kastrad dan Staff kajian publik sosial politik. Orator dari aksi tersebut adalah Febriansyah selaku Dirjen Kastrad Sosial Politik. Adanya penjagaan dan pengerahan 2.400 polisi dan tentara tidak menghalangi BEM Unri untuk melakukan aksinya. Diawal aksi, BEM Unri berpura-pura menjadi orang yang memasang spanduk di depan Kampus Unri sambil menunggu Bapak Ma’ruf Amin melewati daerah tersebut. Setelah 1 jam menunggu, akhirnya mobil Wakil Presiden Indonesia melewati lokasi aksi.

Melihat kesempatan tersebut, spanduk yang bertuliskan “Selamat Datang di Daerah Terbakar, Daerah Prov.Riau” dibentang lebar sambil mencoba untuk mencegat mobil Wakil Presiden Indonesia. Namun hal tersebut dihalang oleh para polisi dan tentara yang sedang berjaga dilokasi. Sempat terjadi sedikit perlawanan, karena polisi dan tentara sudah menghalangi mahasiswa dalam menyampaikan pendapat dan menjadi penyambung tangan rakyat.

Dalam hal ini, Juni Saputra selaku Menteri Sosial Politik menyampaikan harapannya “Aksi yang diadakan saat Wakil Presiden Indonesia hadir di Pekanbaru adalah agar Wapres RI dapat menyampaikan ke Bapak Jokowi Presiden RI bahwa Riau menuntut Indonesia merdeka dari kebijakan yang terkukung. Bahwa pemerintah dapat meninjau kembali agar setiap kebijakan jangan sampai memberatkan rakyat. Mahasiswa tidak pernah tidur dalam mengkritisi pemerintah dan menyampaikan tuntutan rakyat Riau bahwa kami dari mahasiswa dan rakyat Riau menolak Omnibus law” tuturnya. Aksi ditutup dengan orasi pencerdasan di depan hotel Mona dengan tema penolakan Omnibus law. (AZ)
.
Hidup Mahasiswa ! Hidup Rakyat Indonesia !

.
____________
Presiden Mahasiswa : Syafrul Ardi
Wakil Presiden Mahasiswa : Abdul Hamid
———————————————————
KEMENTERIAN SOSIAL POLITIK

KABINET SRI INDRAPURA
BEM UNIVERSITAS RIAU 2020