“Jalin Kerjasama dengan IKKD Provinsi Riau, BEM UNRI Adakan Donor Darah”
.
Pekanbaru (14/03/2020)- BEM Universitas Riau Kabinet Sri Indrapura melalui Kementerian Sosial Masyarakat mengadakan Donor Darah di Fakultas Keperawatan UNRI Gobah pada (11/03/20). Kegiatan ini bekerjasama dengan IKKD (Ikatan Kekeluargaan Keluarga Dewan) dan juga PMI Provinsi Riau.

Kegiatan Donor Darah dibuka pada pukul 08.30 WIB dengan sosialisasi tentang penting dan manfaat donor darah oleh PMI Provinsi Riau. Donor darah dapat membantu menyelamatkan nyawa manusia, bukan hanya itu dengan donor darah kamu dapat menjaga kesehatan jantung dan membuat darah mengalir lebih lancar. Manfaat donor darah juga meningkatkan produksi sel darah merah. Ini karena saat melakukan donor, sel darah merah akan berkurang. Sumsum tulang belakang pun akan segera memproduksi sel darah merah baru untuk menggantikan yang hilang. Dengan rutin melakukan donor darah, tubuh kamu pun terpicu untuk melakukan pembentukan darah baru yang segar.

Setelah sosialisasi, para peserta dapat langsung melakukan pengecekan kesehatan untuk melihat kondisi tubuh apakah dapat melakukan donor darah. Sebelum dilakukan pemeriksaan, peserta dapat mengisi formulir yang sudah disediakan kemudian melakukan pemeriksaan berupa tekanan darah, golongan darah, dan juga kadar hemoglobin. Jika tekanan darah dan kadar hemoglobin normal, maka peserta dapat melanjutkan kegiatan donor darah untuk menyumbangkan darahnya kepada orang-orang yang membutuhkan.

Retno Ayu Widyastuti selaku Dirjen Kesehatan Masyarakat menyampaikan harapannya pada kegiatan donor darah ini, “Semoga dengan adanya donor darah ini, dapat menolong saudara-saudara kita yang membutuhkan. Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat dan terus terjalin kerjasama dengan IKKD Provinsi Riau dilain kesempatan” ungkapnya. Kegiatan ini berakhir pada pukul 12.00 WIB. (AZ)

.
____________
Presiden Mahasiswa : Syafrul Ardi
Wakil Presiden Mahasiswa : Abdul Hamid
———————————————————
KEMENTERIAN SOSIAL MASYARAKAT

KABINET SRI INDRAPURA
BEM UNIVERSITAS RIAU 2020