Hai, Kolaborator Perjuangan!
.
SI-EDU kembali hadir nih, kali ini kita akan bahas mengenai dampak dari merebaknya virus covid-19 apakah berpengaruh terhadap anjloknya nilai rupiah? Daripada penasaran langsung aja baca 😆
.
Wabah virus Corona masih menjadi topik utama diawal tahun ini, sudah menjadi keresahan di Indonesia bahkan Dunia. Hal ini mengakibatkan goncangan ekonomi secara global dan Indonesia juga terkena dampaknya walaupun persentasenya masih relatif kecil dibandingkan negara-negara lainnya yaitu hanya 1,08 persen.
.
Pengumuman Presiden Joko Widodo terhadap positifnya wabah virus Corona masuk ke Indonesia membuat nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat semakin anjlok. Di pasar spot, dibanding penutupan perdagangan akhir pekan lalu, rupiah telah menyentuh Rp14.420 per dolar AS, atau melemah 0,50 persen .
.
Hingga Senin (2/3) tercatat hingga 3.041 korban meninggal di seluruh dunia akibat terinfeksi virus corona. Komisi Kesehatan Nasional China (NHC) mencatat sekitar 2.921 orang dengan 42 kematian baru berasal dari Provinsi Hubei sedangkan sekitar 129 sisanya tercatat berasal dari luar China.
.
Bukan hanya Indonesia, mayoritas mata uang di kawasan Asia melemah terhadap dolar AS. Terpantau, won Korea melemah 1,53 persen, dolar Taiwan 0,53 persen, dan ringgit Malaysia 0,41 persen. Selanjutnya, peso Filipina 0,34 persen, baht Thailand 0,34 persen, yen Jepang 0,32 persen. Diikuti, dolar Singapura 0,16 persen. Penguatan hanya terjadi pada lira Turki 0,07 persen dan dolar Hong Kong 0,02 persen terhadap dolar AS.
.
Stay safe dan tetap jaga kesehatan ya untuk kita semua 😇. Ayo luangkan waktumu untuk membaca hal – hal yang bermanfaat, dengan membaca SI-EDU salah satunya 😉 selain menambah wawasan dan pengetahuanmu, SI-EDU juga melatihmu untuk berfikir kritis. Selamat membaca !
.
Hidup Rakyat Indonesia !

.
____________
Presiden Mahasiswa : Syafrul Ardi
Wakil Presiden Mahasiswa : Abdul Hamid
———————————————————
KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMASI

KABINET SRI INDRAPURA
BEM UNIVERSITAS RIAU 2020