Hai, Kolaborator Perjuangan !
.
Setiap tanggal 6 April diperingati sebagai Hari Nelayan Nasional. Peringatan ini telah ditetapkan sejak tahun 1960, pada masa pemerintahan Orde Baru. Tujuannya adalah sebagai bentuk mengapresiasi jasa para nelayan Indonesia, dalam upaya pemenuhan kebutuhan protein dan gizi bagi seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.

Indonesia memiliki 17.499 pulau dari Sabang hingga Merauke dan memiliki luas lautan sebesar 3,25 juta km2, serta 2,55 juta km2 Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE). Pada tahun 2016 jumlah nelayan di Indonesia adalah sebanyak 2.265.859 orang. Sedangkan di Provinsi Riau jumlah nelayan laut mengalami penurunan, dari 53.610 orang pada tahun 2015 menjadi 42.793 orang pada tahun 2016.

Dasar hukum nelayan di Indonesia, telah diatur dalam UU No.7 tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, Pembudi Daya Ikan, dan Petambak Garam. Sekitar 51,43% nelayan menggantungkan hidupnya pada kegiatan penangkapan ikan di laut. Namun, Nilai Tukar Nelayan (NTN) yang merupakan sebagai alat ukur kesejahteraan, yang diperoleh dari perbandingan besarnya harga yang diterima, dengan harga yang dibayarkan oleh nelayan selalu mengalami penurunan. NTN pada bulan Januari 2020 sebesar 101,11, sedangkan di bulan Februari 2020 menjadi 100,31. Berbagai problematika terus melingkari kehidupan nelayan di negeri ini, seperti pada aset, keuangan, penangkapan ikan, penyimpanan dan pengelolaan, serta pemasaran.

Segenap pengurus BEM Universitas Riau Kabinet Sri Indrapura mengucapkan selamat Hari Nelayan Nasional. Semoga hari ini menjadi momentum kebangkitan nelayan Indonesia. Sudah saatnya nelayan sejahtera di negerinya sendiri. Mari kita jaga nelayan dan laut kita. Terimakasih untuk para nelayan Indonesia.

Hidup Mahasiswa ! Hidup Rakyat Indonesia !

#BEMUNRI #SriIndrapura #JantungHatiMasyarakatRiau #Kemenlindup #SelamatHariNelayanNasional
____________________________________
Presiden Mahasiswa : Syafrul Ardi
Wakil Presiden Mahasiswa : Abdul Hamid
———————————————————
KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMASI
.
KABINET SRI INDRAPURA
BEM UNIVERSITAS RIAU 2020