Hai, Kolaborator Perjuangan!
.
SI-EDU hadir kembali nih untuk mengisi waktu luangmu saat #dirumahaja. Kali ini kita akan membahas tema “Ancaman KARHUTLA”, saat pandemi Covid-19 menjadi perhatian, apakah KARHUTLA terlupakan?
.
Sebelum munculnya Pandemi Covid-19, Indonesia kerap dihantui oleh KARHUTLA yang menjadi pokok permasalahan yang harus menjadi PR besar untuk diselesaikan. Hasil pantauan Badan Restorasi Gambut (BRG) selama April hingga Mei ini menemukan, tiga provinsi riskan mengalami kebakaran hutan dan lahan. Ketiga provinsi itu dinyatakan rawan karena berdasarkan analisis BRG, tanah gambut di daerah tersebut kering.
.
Dari tiga wilayah itu, wilayah yang potensi kebakaran hutan dan lahan-nya paling tinggi yakni Provinsi Riau. Setidaknya, ada enam kabupaten yang diprediksi rawan mengalami kebakaran hutan dan lahan selama 10 hari ke depan. Keenamnya yaitu Kabupaten Rokan Hilir, Bengkalis, Dumai, Siak, Indragiri Hilir, dan Pelalawan. Setelah Riau, Kalimantan Barat menjadi provinsi urutan kedua yang paling rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan.
.
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menegaskan bahwa tim satgas di lapangan tetap bekerja keras mengantisipasi ancaman KARHUTLA di Indonesia. Sementara untuk mengantisipasi ancaman karhutla di musim kemarau, serta meningkatkan koordinasi dan komunikasi ditingkat satgas Nasional, Menteri LHK langsung memimpin rapat antisipasi karhutla 2020 secara virtual, sehari sebelumnya.
.
Sementara itu Kepala BMKG, mengungkapkan bahwa Indonesia pada tahun ini mengalami El Nino Netral dengan tingkat kekeringan pada musim kemarau lebih tinggi dibandingkan normalnya. BPPT sudah melaksanakan TMC di Provinsi Riau dengan pelaksanaan sebanyak 27 sorti, menghasilkan hujan hampir setiap hari dengan volume 97,8 juta m3, sehingga titik hotspot di Riau pernah berkurang hingga nihil.
.
Besar harapan untuk kita semua, agar Indonesia dan bumi segera pulih dari segala jenis bencana yang masih kerap melanda. Baik itu Pandemi Covid-19 maupun Karhutla yang berkepanjangan agar segera pamit dari bumi Pertiwi.
.
Stay safe semua, tetap jaga kesehatan ya dan ingat cukup #dirumahaja 😇. Ayo luangkan waktumu untuk membaca hal – hal yang bermanfaat, dengan membaca SI-EDU salah satunya 😉 selain menambah wawasan dan pengetahuanmu, SI-EDU juga melatihmu untuk berfikir kritis. Selamat membaca !
.
Hidup mahasiswa ! Hidup Rakyat Indonesia !

#BEMUNRI #SriIndrapura #JantungHatiMasyarakatRiau #Kemenkominfo #SIEDUKSI #Bagian34
____________
Presiden Mahasiswa : Syafrul Ardi
Wakil Presiden Mahasiswa : Abdul Hamid
———————————————————
KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMASI

KABINET SRI INDRAPURA
BEM UNIVERSITAS RIAU 2020