“BEM UNRI Datangi Rektorat, Follow Up dan Advokasikan Sejumlah Persoalan dan Aspirasi Mahasiswa”
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Pekanbaru (27/06/2020) – Pasca BEM UNRI menyampaikan aspirasi mahasiswa kepada Dirjen Dikti Kemendikbud beberapa waktu lalu via chat WhatsApp setelah keluarnya Surat Keputusan Bersama 4 Menteri. Dan disusul beberapa hari kemudian terbitnya Permendikbud Nomor 25 Tahun 2020 tentang standar satuan biaya operasional pada Perguruan Tinggi Negeri, yang didalamnya mengatur beberapa skema keringanan UKT bagi mahasiswa.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Maka, BEM UNRI mendatangi Wakil Rektor II UNRI, Prof. Dr. Sujianto, M.Si pada Kamis (25/06/2020) lalu. Presiden Mahasiswa BEM UNRI, Syafrul Ardi menyampaikan perihal Permendikbud Nomor 25 Tahun 2020 yang didalamnya mengatur mengenai skema keringanan UKT bagi mahasiswa, menyesuaikan kondisi pandemi saat ini yang lagi sulit. Dan UNRI harus segera menerapkan amanah Permendikbud tersebut. Tidak ada lagi alasan bagi UNRI untuk tidak memberikan keringanan UKT bagi mahasiswa secara lebih luas dan berkeadilan selain pencicilan dan penundaan bayar. Sebab ini berupa perintah/kebijakan langsung dari kementerian, jadi harus dilaksanakan.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Prof. Dr. Sujianto, M.Si mengatakan bahwa pihaknya akan membahas soal Permendikbud tersebut, dan akan dilaksanakan di UNRI, karena sifatnya adalah perintah Menteri langsung, yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Kemudian pada Jumat (26/06/2020) kemarin, BEM UNRI menjumpai Kepala BAK UNRI, Azhar Kasymi, SH advokasikan sejumlah permasalahan akademik. Ramadhana Ari selaku Menhadkesma memfollow up perihal wisuda 2020, yang pada audiensi sebelumnya wisuda Maret, dan Juli akan digabung sekaligus pada wisuda Oktober. Namun, untuk Juli ini sudah dibuka pendaftaran wisuda, lantas bagaimana akhirnya pelaksanaan wisuda akan dilakukan? Pengumuman resmi dari pihak UNRI harus segera dikeluarkan.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Azhar Kasymi, SH mengatakan untuk wisuda direncanakan dilaksanakan tanggal 23-24 Agustus 2020. Pendaftaran wisuda kewenangan fakultas, kita akan minta fakultas untuk mendata berapa mahasiswa yang ingin wisuda online dan offline. Mahasiswa mengisi form yang telah disediakan. Pendaftaran wisuda sampai 15 Juli 2020, dan paling lambat 24 Juli 2020 fakultas harus melaporkan hasilnya ke BAK UNRI. Untuk surat edaran sedang proses.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
BEM UNRI meminta agar surat edaran bisa segera disebarluaskan pada hari Senin nanti.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Selanjutnya, BEM UNRI meminta perpanjangan masa registrasi ulang online bagi mahasiswa SNMPTN 2020 sebab laporan ke BEM UNRI, masih banyak mahasiswa yang sulit finalisasi data dan akses server. Sebelumnya melalui chatting WhatsApp ke Wakil Rektor I, BEM UNRI meminta perpanjangan waktu selama seminggu. Namun, setelah itu BEM UNRI langsung menjumpai Kepala BAK UNRI.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Pihak BAK UNRI akan memperpanjang hingga 30 Juni 2020. BAK UNRI juga menyampaikan, yang lulus SNMPTN ada 1.925 orang, yang mengisi biodata online 1700-an orang, dan yang mengikuti registrasi ulang sudah 1.530 orang, ada sekitar 200-an orang lagi yang belum menyelesaikan registrasi ulang. Cukup rasanya 4 hari perpanjangan waktu.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Kembali BEM UNRI menanyakan kepastian soal kuliah Tahun Ajaran 2020/2021, apalagi setelah keluarnya keputusan bersama 4 Menteri.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Kepala BAK UNRI mengatakan, untuk kuliah daring akan dilaksanakan sampai Desember 2020. Dan masuk kuliah yang belum bisa dipastikan, apakah akhir Agustus atau awal September.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
BEM UNRI menyampaikan pihak UNRI harus segera membuat pengumuman resmi mengenai perkuliahan semester depan, sebab sudah jelas juga arahan berdasarkan keputusan bersama 4 Menteri. Agar mahasiswa segera mengetahui secara resmi. Dan saat itu juga, Kepala BAK UNRI langsung memerintahkan staffnya untuk membuat rancangan surat pengumuman mengenai perkuliahan daring Tahun Ajaran 2020/2021.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
BEM UNRI juga menanyakan kuota internet daring yang belum terkirim ke nomor mahasiswa, sebab sampai saat ini baru Indosat yang telah mengirimkan paket kuota. Dan meminta pihak UNRI agar memfollow up juga ke pihak Providernya.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Kepala BAK mengatakan untuk kuota kendalanya itu ada di masing-masing provider lagi, kita sudah tanyakan. Namun, posisi kita juga menunggu dari Provider yang bersangkutan.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Lanjut, BEM UNRI melakukan follow up terhadap mahasiswa 2013 yang akan mendapatkan perpanjangan masa studi satu semester. Ari menanyakan berapa jumlah total mahasiswa angkatan 2013 yang mendapatkan perpanjangan satu semester berdasarkan surat edaran Dirjen Dikti 31 Maret 2020 yang lalu. Kepala BAK UNRI mengatakan, total ada sekitar 765 mahasiswa, itu berdasarkan data yang telah diserahkan tiap fakultas ke BAK UNRI. Dan data tersebut sudah dilaporkan ke Kemendikbud RI.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Selanjutnya, BEM UNRI melalui Presiden Mahasiswa Syafrul Ardi, Menhadkesma Ramadhana Ari, dan Mensosmas Rios Apriliyan menjumpai Wakil Rektor III UNRI, Prof. Dr. Iwantono, M.Phil. Untuk membahas soal keringanan UKT di masa pandemi Covid 19 berdasarkan Permenristekdikti Nomor 25 Tahun 2020.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
BEM UNRI menyampaikan harapan yang mewakili keresahan seluruh mahasiswa, agar seluruh pimpinan UNRI benar-benar membahas dan menyiapkan pelaksanaan Permendikbud tersebut sebaik-baiknya di UNRI. Semua skema yang dijelaskan dalam regulasi tersebut harus dilaksanakan oleh UNRI.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Prof. Dr. Iwantono, M.Phil mengatakan, “insya Allah aturan tersebut akan diterapkan di UNRI, sebab saya melihat ini bukan lagi himbaun tapi sudah perintah melalui Peraturan Menteri. Maka, kita akan laksanakan. Cuma ini akan dibahas lebih lanjut dulu di Forum Pimpinan UNRI,” tutur Wakil Rektor III UNRI.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Presiden Mahasiswa BEM UNRI menyampaikan akan kembali menjumpai pimpinan UNRI untuk membahas lebih lanjut mengenai keringanan UKT dimasa pandemi ini bersama pimpinan UNRI yang lainnya dan kesiapan UNRI untuk perkuliahan daring semester depan, serta hal-hal yang bisa memudahkan mahasiswa saat kuliah daring.(RA)
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
.
Hidup Mahasiswa! Hidup Rakyat Indonesia!
. ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
.
__________________________________
Presiden Mahasiswa : Syafrul Ardi
Wakil Presiden Mahasiswa : Abdul Hamid
———————————————————
KEMENTERIAN HUKUM DAN ADVOKASI KESEJAHTERAAN MAHASISWA
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
KABINET SRI INDRAPURA
BEM UNIVERSITAS RIAU 2020