“Webinar Nasional Indonesian Woman Talk, BEM UNRI Bahas Mengenai Gaya Hidup Sehat Anak Muda”
.
Pekanbaru (21/08/2020) – Telah dilaksanakan webinar nasional dengan mengangkat tema “Gaul dan Hidup Sehat Anak Muda Oke Banget” melalui aplikasi zoom pada Sabtu (15/08/2020). Webinar Nasional IWT ini mengundang dr. Dewi Inong Irana SpKK, FINSDV, FAADV (Dokter Spesialis Penyakit Kulit dan Kelamin) sebagai pemateri. Agenda ini dihadiri oleh seluruh Mahasiswa di beberapa Universitas di Indonesia.

Kementerian Perempuan BEM UNRI mengangkat tema terkait Gaya hidup anak muda dikarenakan hal ini sangat menentukan kualitas hidup seseorang. “Seseorang yang memiliki gaya hidup yang positif dan pola hidup yang sehat cenderung memiliki kualitas hidup yang lebih memadai, begitu pula sebaliknya. Menjaga kesehatan harus dimulai sejak dini saat usia masih produktif. Jangan sampai diusia senja, justru waktu dan uang hanya dihabiskan untuk biaya pengobatan. Maka hidup sehat dimasa muda akan menjadi investasi dimasa tua”, ujar SekmenPP saat diwawancarai.

Diskusi dimulai pada pukul 13.45 WIB, pemateri mengajak peserta berdiskusi dan memaparkan materi melalui media PPT terkait gaya hidup millenial, perilaku seks bebas, akibat dari seks bebas, HIV AIDS di Indonesia, perilaku seks bebas risiko tinggi, serta pencegahannya. “Beberapa perilaku tidak sehat anak muda millenial adalah, narkoba, merokok, begadang, memakan junk food, minuman beralkohol, kecanduan game online dan pornografi, kurangnya Aktivitas fisik, serta pergaulan bebas. Fakta mengejutkan adalah bahwa pergaulan bebas memiliki dampak yg paling berbahaya, yakni menimbulkan Penyakit IMS (Infeksi Menular Seksual), HIV/AIDS. Dari berbagai penyebaran penyakit seksual tersebut, perilaku seks anal (dubur) menjadi penyebab risiko penyebaran paling tinggi. Oleh karena itu penting juga membahas perilaku LGBT dalam diskusi ini. Akibat dari pergaulan bebas ini yakni kesehatan/penyebaran penyakit, merusak generasi bangsa, beban keluarga dan pemerintah dan menurunkan ketahanan bangsa”, ujar pemateri.

Dokter Inong juga mengajak para peserta untuk hidup sehat dengan merubah pola hidup agar lebih baik, “Ayo terapkan gaya hidup sehat dengan taat pada perintah dan jauhi larangan tuhan, No Narkoba, No Seks bebas, tidak merokok, kembali ke keluarga, makanan sehat bergizi seimbang, olahraga teratur, pilih teman dan lingkungan yang baik, produk ramah lingkungan, pakai buatan Indonesia dan bantu orang susah di lingkungan terdekat. Sebagai pemuda kita harus sehat baru bisa bekerja dan berkarya, tanpa kesehatan semuanya menjadi tiada berarti. Oleh karena itu ayok hidup sehat dari diri sendiri dan keluarga, salam genre No Grugs, No Free Sex, No HIV/AIDS” tegas pemateri.

Risa Maryu Agusta selaku Menteri KemenPP BEM UNRI menyampaikan harapannya setelah diadakannya webinar nasional ini agar para pemuda dapat menerapkan perilaku hidup sehat dan meninggalkan gaya hidup yang tidak sehat dalam kehidupan sehari-hari, “Harapannya semoga dengan diadakannya diskusi ini tidak hanya menambah wawasan mengenai gaya hidup anak muda, yakni bahaya pergaulan bebas yang dpt mengakibatkan IMS (Infeksi Menular Seksual), HIV/AIDS, termasuk didalamnya bahaya perilaku LGBT. Ingat ya yang dibenci bukan orang nya tapi perbuatannya. Harapan terbesar kami semoga peserta dapat memahaminya dengan baik, sehingga dapat menerapkan perilaku hidup sehat dan meninggalkan gaya hidup yang tidak sehat dalam kehidupan sehari-hari. Dimulai dari diri sendiri aja dulu. Because we care”.

Agenda ini ditutup dengan sesi tanya jawab dan foto bersama.(AZ/MO)

Hidup Mahasiswa ! Hidup Rakyat Indonesia !

.
____________________________________
Presiden Mahasiswa : Syafrul Ardi
Wakil Presiden Mahasiswa : Abdul Hamid
———————————————————
KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN

KABINET SRI INDRAPURA
BEM UNIVERSITAS RIAU 2020